Waspada! Virus Jembrana Serang Mukomuko, 77 Ekor Sapi Sudah Terinfeksi

Waspada! Virus Jembrana Serang Mukomuko, 77 Ekor Sapi Sudah Terinfeksi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Pitriyani Ilyas.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kasus virus jembrana di Kabupaten Mukomuko terbilang tinggi. Terhitung dari bulan Januari hingga Maret 2024 ini, kasus jembrana mencapai 77 ekor.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Pitriyani Ilyas, membenarkan hal tersebut. Dimana jumlah kasus jembrana yang menyerang ternak masyarakat di daerah ini sudah mencapai 77 ekor yang tersebar di Kelurahan Bandaratu, dan Desa Pasar Sebelah Kecamatan Kota Mukomuko dan Desa Pelokan Kecamatan XIV Koto.

"Untuk kasus yang positif dari bulan Januari sampai Maret 2024 ada 77 kasus. Dengan rincian yang diobati  sebanyak 58 ekor, kemudian yang mati sebanyak 25 ekor dan yang sehat sebanyak 52 ekor," kata Pitriyani, Rabu (6/3/2024).

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Terima 2 Penghargaan dari Kemenkes RI

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko melalui 4 Puskeswan yang tersebar di daerah ini, yakni  Puskeswan di Kecamatan Ipuh, Puskeswan di Kecamatan Penarik, Puskeswan di Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang, dan Puskeswan di Kecamatan Kota Mukomuko melaksanakan pelayanan terpadu (yandu) dan vaksin PMK serentak. Untuk target vaksin PMK ini sebanyak 4.000 dosis.

"Untuk saat ini target vaksin PMK 4 ribu dosis yang dibagi untuk 4 Puskeswan," imbuh dia.

BACA JUGA:Ribuan Pencinta Motor Trail Meriahkan JAM#6 dalam Perayaan HUT ke-21 Mukomuko

Pitriyani, mengimbau kepada masyarakat pemilik ternak untuk mendukung program yandu dan vaksin dengan mengandangkan ternak agar pelaksanaan vaksin mudah dilaksanakan.

"Untuk mencegah penyakit jembrana atau PMK masyarakat diimbau untuk mendukung program yandu dan vaksin dengan mengandangkan ternak agar pelaksanaan vaksin mudah dilaksanakan," pungkasnya.(end)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: