Usia Berapa Anak Harus Belajar Puasa? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Usia Berapa Anak Harus Belajar Puasa? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat jelaskan kapan anak harus mulai belajar puasa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Berbeda-beda kan, ada yang 13, ada yang 15 usianya (saat baligh). Namun poinnya, sebelum sampai ke situ (usia baligh), sepanjang dia punya kemampuan itu boleh berpuasa," terang Ustadz Adi Hidayat.

Menurut penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat, anak dapat dilatih atau diajarkan untuk berpuasa sejak sebelum mencapai usia baligh sesuai dengan kemampuannya.

Dengan demikian, ketika tiba saatnya anak tersebut wajib berpuasa, mereka sudah terbiasa dan lebih siap secara fisik maupun mental untuk menjalankan ibadah tersebut.

"Berapa usia wajarnya? Kadang-kadang ada anak usia 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun sudah mulai berlatih (puasa)," kata Ustadz Adi Hidayat.

Meskipun demikian, Ustadz Adi Hidayat menekankan bahwa orang tua seharusnya tidak mendorong anak yang sedang belajar berpuasa untuk berusaha mencapai kesempurnaan atau berpuasa penuh waktu.

"Latihan puasa itu, tidak harus menjadikan anak didorong untuk sempurna sampai maghrib, semampu dia dulu. Misal dia berlatih awalnya dari subuh, dia tahan sampai jam sepuluh atau jam sebelas, alhamdulillah. Orang tua harus support," ungkap Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Puasa Arafah Ikut Siapa? Pemerintah atau Arab Saudi, Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Inilah Amalan Puasa Agar Cepat Dipertemukan dengan Jodoh

Ustadz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa ketika anak pada usia sebelum baligh sudah sering berlatih berpuasa, tubuhnya secara alami akan terbiasa dengan proses tersebut, hingga akhirnya anak tersebut dapat berpuasa dengan sempurna hingga waktu maghrib.

Itulah penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang usia berapa anak kita untuk mulai kita ajarkan puasa. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: