Lirik Potensi Alam Bengkulu, BKHTI Bengkulu Dorong Keanekaragaman Hayati dan Pangan, Guna Wujudkan Nilai Jual

Lirik Potensi Alam Bengkulu, BKHTI Bengkulu Dorong Keanekaragaman Hayati dan Pangan, Guna Wujudkan Nilai Jual

- Sinergitas instansi vertikal Bengkulu dalam menjaga keanekaragaman hayati dan ketahanan pangan-(foto: tri yulianti)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Karantina Indonesia melalui Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Bengkulu mendorong  kesejahteraan masyarakat dalam hal kelestarian sumber daya alam, hayati dan  keamanan pangan.

Hal itu dilakukan instansi vertikal di Bengkulu, untuk meningkatkan sumber daya alam Bengkulu, karena Bengkulu memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Disampaikan Kepala BKHIT Bengkulu, Aris Hadiyono SP, sinergitas yang terjalin antar instansi vertikal ini merupakan langkah awal untuk menjaga keanekaragaman hayati dan lingkungan Bengkulu.

"Ini baru awal, kita bersinergi dari instansi vertikal hayati bersama akademisi, dan pemerintah daerah. Dalam hal ini di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan hingga UMKM juga hadir," kata Aris, Sabtu (23/2/2024).

BACA JUGA:Usulan CPNS Pemkot Bengkulu Sudah di Proses BKN, Tinggal Tunggu Waktu Pelaksanaan

Tak hanya itu, BKHTI  bersama dengan akademisi Bengkulu juga mendorong adanya produk unggulan asal Bengkulu baik di bidang  pertanian hewan, ikan, dan tumbuhan di Provinsi Bengkulu memiliki daya jual tambah.

Menurutnya, jika terwujudnya kolaborasi yang baik antar instansi vertikal, pemerintah serta para UMKM yang ada di Bengkulu, maka tidak menutup kemungkinan perekonomian Bengkulu akan tumbuh dan Pendapatan Asli Daerah juga akan naik.

"Setelah kegiatan ini, kita akan komunikasikan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal ini Gubernur Bengkulu untuk membahas ini," sambungnya.

Senada dengan Kepala BKHIT Bengkulu, Aris Hadiyono,SP,  Akademisi dari Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Ir Alnopri, MS juga mengungkapkan bahwa Bengkulu memiliki potensi yang besar di bidang pertanian hewan, ikan, dan tumbuhan ini.

BACA JUGA:DPRD Kota Bengkulu Minta Dishub Tertibkan Truk Over Kapasitas Sering Melintas di Jalanan Kota

Dimana letak geografis Bengkulu dengan potensi lautnya, dataran rendahnya seperti padi, tanaman perkebunan dan pegunungan yang di miliki Bengkulu merupakan potensi yang luar biasa jika dikembangkan secara baik.

"Ini potensi besar dari Provinsi Bengkulu, bagaimana letak potensi geografis sumber daya laut, dataran rendah, perkebunan dan pergunungan sangat luar biasa. Kalau semuanya dimanfaatkan dengan bagus, maka bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu," ujar akademisi asal Universitas Bengkulu ini.

Terkait nilai tambah produk-produk Bengkulu, sekarang bisa diarahkan ke sektor industri masuk, sambung Prof Dr. Ir Alnopri, MS.  Komoditas unggulan Bengkulu dapat dikelola mulai dari inter produk hingga final produk. Sehingga nilai tambah dapat di rasakan masyarakat Bengkulu.

Selain itu pendapatan asli daerah juga akan meningkat dengan adanya pemanfaatan keanekaragaman hayati dan dari hulu ke hilir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: