Ini Dia Prediksi 45 Anggota DPRD Provinsi Bengkulu; Golkar Raih 9 Kursi, PAN, Gerindra dan Nasdem 6 Kursi

Ini Dia Prediksi 45 Anggota DPRD Provinsi Bengkulu; Golkar Raih 9 Kursi, PAN, Gerindra dan Nasdem 6 Kursi

Hasil hitungan sementar Pemilu Legislatif DPRD Provinsi Bengkulu Tahun 2024-Tangkapan layar situs kpu-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berdasarkan perhitungan hasil sementara yang masuk ke real count KPU Info Publik Pemilu 2024 (kpu.go.id) dari total 45 kursi yang diperebutkan untuk DPRD Provinsi Bengkulu, diprediksi Partai Golkar bisa meraih 9 kursi.

Sementara itu PAN, Gerindra dan Nasdem masin-masing 6 kursi. Demokrat dan PDIP berbagi 5 kursi, disusul Hanura 4 kursi, PKB 2 kursi, lalu PPP dan PKS berbagi masing-masing 1 kursi. Jumlah prediksi dilihat dari real count KPU yang masuk pada pukul 14.00 WIB, Senin (19/2/2024).

Cara Menghitung kursi DPR, DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024 dilansir dari laman website pemilu2024.kpu.go.id yaitu dengan pemilihan dilakukan dengan beberapa ketentuan yakni: Menetapkan jumlah suara yang sah setiap partai politik.

Lalu membagi suara yang sah dengan jumlah bilangan yaitu pembagi 1 dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil 3,5,7 dan seterusnya.

BACA JUGA:Mau Tahu Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024? Silakan Cek di Portal Resmi KPU Ini 

Hasil pembagian diurutkan berdasarkan jumlah nilai terbanyak. Nilai terbanyak akan memperoleh kursi pertama. Nilai terbanyak kedua akan memperoleh kursi kedua. Dan seterusnya hingga jumlah kursi di daerah habis terbagi. 

Khusus partai yang sudah mendapatkan masing-masing jatah 1 kursi dari suara terbanyak, akan dibagi 3, 5, 7 dan seterusnya hingga sampai suara tersebut habis dibagi sesuai alokasi kursi masing-masing dapil. 

Berdasarkan aturan KPU Nomor 6 Tahun 2023, khusus DPRD Provinsi Bengkulu dialokasikan 45 kursi dengan 7 daerah pemilihan. 

1. Golkar 9 kursi 

2. PAN 6 kursi

3. Gerindra 6 kursi 

4. Demokrat 5 kursi

5. Nasdem 6 kursi

6. PDIP 5 kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: