Cara Selamat dari Dahsyatnya Sakaratul Maut, Gus Baha Ungkapkan Caranya

Cara Selamat dari Dahsyatnya Sakaratul Maut, Gus Baha Ungkapkan Caranya

Gus Baha jelaskan cara agar selamat dari dasyatnya sakaratul maut-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Berdasarkan Hadis tersebut, Gus Baha mengungkapkan bahwa saat menjelang kematian, seseorang hanya perlu bersaksi atau menyatakan kesaksiannya

"Jika mau mati hanya bersaksi, sudah ini enggak saatnya berdoa, saatnya bersaksi makanya disuruh bilang, Allah, Allah, Allah dan supaya ini menjadi akhir kalimat," kata Gus Baha.   

Lanjut Gus Baha menjelaskan bahwa sebenarnya dalam teks Hadis tersebut menyebutkan "Lailahaillallah".

"Ini pinter Kyai Jawa, lagi-lagi kembali kekultur. Kyai Jawa yang bisa modifikasi kultur. Sebenarnya, kalimat Hadist itu yang masyhur, yang populer Lailahaillallah,” papar Gus Baha.

Namun, menurut Gus Baha, hal itu tidak dilakukan tanpa dasar yang jelas, melainkan karena Kyai Jawa mengikuti kitab-kitab dari Arab yang telah mengajarkan praktik tersebut.

"Lailahaillallah itu resikonya tinggi, karena disitu kan tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah. Ada kata lailahail, nah takutnya pas lailaha sudah mati," kata Gus Baha.

Kata Gus Baha, risiko tersebut dapat berakibat fatal, terutama jika kalimat belum sempat selesai diucapkan sebelum seseorang wafat.

"Nah, karena itu ada resiko lailah agak khatam, berarti tiada tuhan. Sehingga ini dianggap riskan, terus Kyai Jawa ngajarin, karena agak kepanjangan ya sudah, Allah, Allah," papar Gus Baha.

Menurut Gus Baha, meskipun praktik tersebut tidak secara eksplisit disebutkan dalam teks panduan, namun ulama memiliki dasar ilmu yang telah lama mereka tekuni untuk mengamalkannya.

"Sudah agak rekayasa, agak ijtihad itu, sebenarnya teks panduanya Lailahaillallah. Tapi Kyai itu paling tahu tentang keadaan Nabi SAW, karena menekuni ilmu lama sekali," ujar Gus Baha.

BACA JUGA:Kerjakan 3 Amalan Ini, Gus Baha: Rezeki Melimpah dan Dosa Besar Terhapus

BACA JUGA:Tips Rezeki Lancar dan Berkah dari Gus Baha, Selain Amalan juga Lakukan Ini

Gus Baha melanjutkan dengan menyatakan bahwa selain terus-menerus menyebut nama Allah, saat seseorang sedang mengalami sakaratul maut, sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan pertanyaan mengenai hal-hal di luar tuntunan agama.

"Menyebut Allah Allah, supaya itu menjadi akhir kalimah, setelah itu kata kitab-kitab jangan tanya hal lain, sebab sekali ditanya nanti dia akan melafalkan hal lain itu," demikian Gus Baha.

Itulah penjelasan Gus Baha tentang cara agar kita selamat dari dahsyatnya sakaratul maut. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: