Cara Selamat dari Dahsyatnya Sakaratul Maut, Gus Baha Ungkapkan Caranya

Cara Selamat dari Dahsyatnya Sakaratul Maut, Gus Baha Ungkapkan Caranya

Gus Baha jelaskan cara agar selamat dari dasyatnya sakaratul maut-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ada satu cara yang paling selamat untuk menghadapi sakaratul maut.

Cara ini dapat membuat seseorang merasa nyaman saat menghadapi proses yang sangat menakutkan seperti sakaratul maut. Seperti yang dijelaskan oleh Gus Baha dalam salah satu ceramah yang videonya diunggah kanal Youtube Berkah Nyantri.

Dalam tayangan tersebut, Gus Baha mengungkapkan bahwa manusia tidak dapat melampaui ketetapan Allah. Hidup dan mati manusia hanya bergantung pada kehendak Allah SWT.

BACA JUGA:Bisa Membuat Malaikat Capek Mencatat Pahala Kita, Gus Baha Sarankan Baca Zikir Ini Setelah Sholat

BACA JUGA:Rumah Seperti Ini Tidak akan Didekati Kemiskinan dan Kesusahan, Gus Baha Bagikan Amalannya

"Nanti ketika kita mati juga begitu, ketika kita hidup tidak bisa mengatur jantung kita, paru-paru kita. Mati juga tidak bisa diatur, yang ngatur Allah SWT, hidup dan mati kita dalam kendali Allah," terang Gus Baha.

Gus Baha melanjutkan dengan mengatakan bahwa begitu juga saat menghadapi kematian, kita hanya bisa berserah kepada Allah, berharap agar akhir hidup kita dapat berlangsung dalam keadaan husnul khatimah.

"Ya sudah, terus kita mati anyaman saja sangking nyaman yaitu, orang-orang Sholeh kalau mati itu jarang berdoa," terang Gus Baha.

Menurut murid Mbah Moen tersebut, tidak berdoa jelang sakaratul maut bukanlah karena dilarang, tetapi untuk menghindari munculnya was-was atau keraguan yang dapat mengganggu ketenangan jiwa saat menghadapi proses sakaratul maut.

"Bukan karena apa-apa kalau berdoa itu resikonya akan begini, Mustajab nda ya, dikabulkan nda ya. Itu menjadikan setan punya peluang masuk diganggu," papar Gus Baha.

Gus Baha menyatakan bahwa Rasulullah SAW memberikan tuntunan dalam menghadapi sakaratul maut, seperti yang terdapat dalam riwayat Hadis yang artinya:

"Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, ‘Siapa pun yang akhir ucapannya (ketika menjelang ajal) kalimat La ilaha illallah maka ia masuk surga’,".

BACA JUGA:Agar Pintu Rezeki di Langit dan Bumi Terbuka, Baca Surah ini 41 Kali, Gus Baha: Rezeki Mengalir Deras

BACA JUGA:Hanya Dengan Kalimat Ini, Semua Masalah Akan Teratasi, Gus Baha: Termasuk Hutang dan Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: