Mengenal Sejarah Terciptanya Fuyunghai, Makanan Khas Chinese yang Populer di Indonesia

Mengenal Sejarah Terciptanya Fuyunghai, Makanan Khas Chinese yang Populer di Indonesia

Fuyunghai Makanan Khas Chinese Yang Populer di Indonesia -Pinterest -

Para imigran Tiongkok ini sering sekali mengalami didiskriminasi dan menghadapi banyak tantangan, termasuk kurangnya akses ke ramuan tradisional China.

Meski begitu, imigran Tiongkok terus berusaha dan akhirnya mampu menyesuaikan masakan mereka dengan bahan-bahan yang tersedia dan menciptakan hidangan baru yang memadukan cita rasa Tiongkok dan Amerika. Salah satu hidangan tersebut adalah Fuyunghai.

Asal usul Fuyunghai memang belum diketahui secara pasti tetapi diyakini berasal dari wilayah Kanton di Cina.

Hidangan tersebut kemungkinan besar dibuat sebagai cara untuk menggunakan bahan sisa, seperti sayuran dan daging, serta membuat makanan yang cepat dan memuaskan.

BACA JUGA:Cokelat Sulamina Khas Maluku Utara Primadona Bangsa Eropa

Ketika para imigran Cina mulai menetap di Amerika Serikat, mereka membawa serta masakan mereka dan menyesuaikannya dengan selera lokal.

Fuyunghai adalah salah satu hidangan yang menjadi populer di restoran Cina-Amerika, di mana sering disajikan sebagai bagian dari hidangan "Chop Suey".

Chop Suey sendiri merupakan hidangan populer di awal abad ke-20 dan terdiri dari campuran sayuran dan daging yang disajikan dengan nasi.

Fuyunghai sering ditambahkan ke dalam campuran, dan hidangan tersebut menjadi makanan pokok masakan Tionghoa-Amerika.

Pada tahun-tahun awal imigrasi Tiongkok, banyak imigran Tiongkok menghadapi diskriminasi dan tidak diizinkan memiliki properti atau membuka usaha.

BACA JUGA:Lezatnya Cita Rasa Manis Gurih Nasi Lengko yang Bikin Nagih

Terlepas dari tantangan ini, para imigran Tiongkok mampu membangun industri restoran yang berkembang pesat, yang membantu menyebarkan masakan mereka dan membuatnya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Seiring waktu, Fuyunghai berevolusi dan menjadi hidangan yang lebih rumit. Saat ini biasanya dibuat dengan campuran telur, sayuran, dan daging, yang digoreng bersama dalam wajan. Adonan tersebut kemudian diberi kuah kental gurih yang terbuat dari campuran kaldu ayam atau sapi, tepung maizena, dan kecap.

Meskipun Fuyunghai masih menjadi hidangan populer di restoran Tionghoa-Amerika, hidangan ini juga menjadi populer di belahan dunia lain.

Di Asia, seperti Indonesia masakan ini sering dibuat dengan berbagai macam makanan laut, antara lain udang, kepiting, dan cumi-cumi. Di Eropa, terkadang disajikan dengan saus asam manis, yang memberikan rasa tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: