Lezatnya Cita Rasa Manis Gurih Nasi Lengko yang Bikin Nagih

Lezatnya Cita Rasa Manis Gurih Nasi Lengko yang Bikin Nagih

Nasi Lengko Khas Cirebon -Akun Instagram @gembulfoodie-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah menjadi identitas kebudayaan masyarakatnya adalah makan harus dengan nasi. 

Sehingga sering diistilahkan dengan ungkapan "Apapun Lauknya Nasi Kuncinya". Indonesia umumnya, mengenal nasi sebagai makanan pokok.

Tidak mengherankan jika berbagai daerah di Indonesia memiliki beraneka macam olahan nasi dengan ciri khas dan kenikmatan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Ada berbagai pilihan jenis nasi mulai dari nasi putih, nasi goreng, nasi padang, nasi kucing dan masih banyak lagi, termasuk salah satu nasi yang terkenal memiliki cita rasa nikmat yakni nasi Lengko

BACA JUGA:Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Selain lezat, kuliner khas dari kota yang dikenal dengan julukan "tanah para wali", Cirebon, Jawa Barat, ini diyakini mengandung nilai gizi yang sangat tinggi.

Di Cirebon sendiri nasi Lengko atau biasa yang disebut masyarakat Cirebon dengan sebutan "Sega Lengko" merupakan perpaduan bahan utama nasi dengan berbagai sayuran dan lauk-pauk yang menyehatkan, seperti tahu goreng, tempe goreng, taoge, daun kucai, dan timun.

Nasi Lengko dilengkapi oleh bahan-bahan yang menyehatkan seperti sayur-sayuran, lezatnya nasi lengko juga berkat adanya siraman saus kacang sebagai bumbu pelengkap.

Selain itu, kenikmatan saus kacang yang menjadi khas nasi sangat berpengaruh dalam menghasilkan nasi lengko yang lezat.

BACA JUGA:Kasuami, Makanan Pokok Warisan Nenek Moyang Khas Sulawesi Tenggara

Jika dilihat dari segi rasa nasi Lengko memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Meski demikian, bagi penikmat pedas, nasi Lengko dapat ditambahkan dengan cabai agar menghasilkan rasa pedas sesuai selera. 

Terlebih jika diberi tambahan taburan bawang goreng yang menghasilkan nuansa rasa nasi lengko menjadi begitu lengkap. Kelezatan nasi Lengko tak lepas dengan adanya siraman saus kacang sebagai bumbu pelengkap.

Salah satu warung di Cirebon yang menjual nasi Lengko adalah warung nasi lengko milik H. Barno. Warung yang beralamat di Jalan Pangongan ini sudah buka sejak tahun 1968. 

BACA JUGA:Kasuami, Makanan Pokok Warisan Nenek Moyang Khas Sulawesi Tenggara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: