Puluhan Wartawan Bengkulu Ikuti Uji Kompetensi Wartawan, Wujudkan Wartawan yang Profesional dan Berakhlak

Puluhan Wartawan Bengkulu Ikuti Uji Kompetensi Wartawan, Wujudkan Wartawan yang Profesional dan Berakhlak

Peserta UKW PWI Provinsi Bengkulu saat berfoto bersama-(foto: tri yulianti)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puluhan wartawan Bengkulu dari berbagai media, elektronik, radio, cetak dan online, Kamis (25/1/2024) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan PWI Pusat dan Dewan Pers di Hotel Mercure Bengkulu.

Uji kompetensi yang diselenggarakan ini sebagai wujud kepedulian dari perusahaan pers dalam meningkatkan hasil karya jurnalistik dan yang berkualitas di Bumi Rafflesia, Provinsi Bengkulu.

Mengangkat tema menciptakan wartawan profesional dan berakhlak, PWI Provinsi Bengkulu berharap karya jurnalistik yang disiarkan para wartawan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi masyarakat Bengkulu.

Disampaikan Ketua PWI Provinsi Bengkulu Marsal Abadi, sedikitnya ada 36 wartawan Bengkulu yang diuji pada awal tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Peringatan Keras! Terciduk Parkir Sembarangan di Kota Bengkulu Langsung Ditilang

Mereka mengikuti berbagai jenjang uji kompetensi. Mulai dari jenjang muda, madya dan utama. Sedangkan untuk pengujinya sendiri didatangkan langsung dari pusat.

"Ini merupakan UKW ke 21 yang diselenggarakan oleh PWI Bengkulu. Dari 36 peserta yang ikut hari ini ada 2 yang mengundurkan diri.  Untuk kelompok muda ada 22 orang, Madya 6  orang dan utama  5 orang," ujar Marsal Abadi.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat, Firdaus Komar menambahkan bahwa dengan uji kompetensi ini wartawan Bengkulu dapat menjadi wartawan yang profesional.

Tak hanya itu, wartawan Bengkulu juga berakhlak dengan menataati aturan yang berlaku. Seperti kode etik dan undang-undang pers.

BACA JUGA:Ribuan Pelajar Kota Bengkulu Terima Bantuan Program Indonesia Pintar, Ini Besarannya

"Kita harapkan mereka dapat menaati kode etik, lalu meningkatkan kesadaran dalam bekerja serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan," pungkas Firdaus.

Diketahui, PWI Provinsi Bengkulu mencatat bahwa ada 300 wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI Provinsi Bengkulu  sudah tersertifikasi kompeten.

Ratusan wartawan itu, terdiri dari berbagai jenjang mulai dari muda, Masda hingga utama. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: