Suka Solo Traveling? Ini Dia Tips Aman dan Nyaman Untukmu

Suka Solo Traveling? Ini Dia Tips Aman dan Nyaman Untukmu

salah satu hal yang sangat kerasa saat melakukan solo traveling adalah kebebasan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa nih yang pengen banget bisa solo traveling? Kegiatan solo travelling ini rasanya udah jadi trend terutama buat anak muda yang senang dengan kebebasan. Memang, salah satu hal yang sangat kerasa saat melakukan solo traveling adalah kebebasan. Bebas pergi kemanapun yang diinginkan, menentukan semua hal sendiri tanpa intervensi dari orang lain.

BACA JUGA:Pencinta Anabul Merapat! Ini Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Walaupun punya kelebihan yang menggiurkan, kamu perlu mempersiapkan solo trip sebaik mungkin ya,  kamu. Resiko selalu ada, terutama saat kamu berencana trip ke luar negeri di mana bahasa dan budaya yang berbeda bisa jadi masalah. Buat kamu yang pengen wujudin rencana ini, di bawah ini ada tips lengkap solo travel dengan aman dan nyaman. Simak yuk!



Buat kamu yang pengen banget solo traveling ke kota atau negara impian, mungkin sudah punya cukup banyak alasan kenapa ingin melakukannya.  Nah, tapi buat yang belum berani atau nggak kepikiran solo trip, mungkin butuh alasan kuat kenapa ini perlu dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Jadi, apa aja sih alasan kuat kenapa kamu wajib banget coba solo traveling?

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Helm Murah Berkualitas untuk Bikers

1. Keputusan Murni di Tangan Kamu
All in your hands. Semua hal tentang perjalanan wisata seutuhnya adalah keputusanmu. Semua hal tentang persiapan, keputusan dan kebutuhan jadi tanggung jawab pribadi. Kamu punya kebebasan dalam menentukan lama berlibur, destinasi yang ingin dikunjungi sampai dengan besar budget.

Kamu bakal merasakan efek besar dari tiap keputusan kecil yang dibuat saat solo traveling. Keputusan-keputusan kecil ini biasanya berefek pada besarnya pengeluaran selama liburan. Kamu bakal merasakan kondisi saat dana masih banyak dan saat sudah menipis. Di sinilah kemampuan pengambilan keputusanmu bakal semakin teruji.

BACA JUGA:6 HP OPPO Harga Dibawah Rp 3 Juta, Simak Selengkapnya

2. Bisa Mendapat Teman dan Koneksi Baru
Salah satu alasan sebagian besar orang memilih solo traveling karena ingin punya teman atau koneksi baru lho. Ini mungkin banget terjadi. Kamu tentu tetap bakal berinteraksi dengan orang lain saat memesan hotel, makan di restoran sampai berkeliling tempat wisata. Kamu bakal bertemu banyak orang baru yang mungkin juga sedang solo traveling. Skill komunikasi kamu juga bakal makin terasah nih. Kamu bakal dapat banyak banget pengalaman baru, makin peka sama lingkungan sekitar dan berempati. Kamu bakal menemukan banyak banget karakter orang yang berbeda-beda.

3. Praktis dan Murah
Kamu nggak perlu pusing soal kebutuhan rekan wisatamu karena kamu hanya bakal fokus pada keperluan pribadi aja. Kamu mungkin harus sering mengalah, sesekali berdebat dan banyak diskusi tentang apa yang bakal dilakukan dan dikunjungi saat bepergian dengan orang lain. Lain halnya kalau kamu solo traveling. Selain lebih praktis karena semua kamu yang putuskan, solo traveling juga lebih murah karena kamu bisa sesuaikan pengeluaran dengan budget yang sudah ditentukan.

4. Belajar Mandiri
Solo traveling bakal memberimu lebih mandiri dalam menjalani sesuatu dan mengambil keputusan. Seseorang yang terbiasa solo traveling cenderung lebih mudah dalam mengontrol sikap konsumtif dan mengelola keuangan. Kemampuan mengelola keuangan secara mandiri ini adalah skill yang bakal berguna banget nih di masa depan.

5. Belajar Lebih Berani
Kamu juga bakal belajar lebih berani saat solo traveling, terutama dalam menghadapi hal yang nggak pasti. Nggak jarang nih banyak hal nggak terduga yang terjadi saat kamu solo traveling. Nah, solo traveling ini bakal mengajarkan kamu untuk jadi lebih berani mencoba banyak hal baru yang penuh tantangan dan resiko.

Cara Mempersiapkan Diri untuk Solo Travelling
Tujuan seseorang memilih solo traveling karena ingin bebas dan nggak diintervensi oleh siapapun. Walaupun kamu bisa bebas menentukan banyak hal, kamu tetap perlu mempersiapkan diri untuk melakukan solo traveling. Jadi, apa aja sih yang perlu dipersiapkan?

1. Buat Rencana dengan Matang
Traveling yang asik tapi juga aman adalah yang direncanakan dengan baik. Walaupun kamu solo traveler, kamu tetap wajib menyusun destinasi yang ingin dituju supaya nggak bingung saat sudah sampai di kota tujuan. Kamu tentu nggak ingin menarik seorang kriminal yang tahu kalau ada solo traveler yang kebingungan, kan?

2. Tentukan Akomodasi
Pastikan akomodasi yang kamu pilih aman. Cari tempat penginapan yang nyaman dan aman. Kamu bisa cari hotel dengan rating dan review yang baik. Tempat penginapan dengan review yang bagus tentu lebih aman, terutama buat solo traveler.

3. Pastikan Dokumen Penting sudah Lengkap
Pastikan kamu membawa dokumen pribadi yang penting, terutama saat solo traveling. Dokumen penting ini seperti ktp, tiket perjalanan, bukti booking hotel dan paspor kalau kamu wisata ke luar negeri.

4. Cek Transportasi yang Ada
Kamu mungkin bakal beberapa kali berpindah-pindah destinasi wisata selama melakukan solo traveling. Tentu untuk mencapai destinasi berbeda kamu memerlukan moda transportasi yang tepat dan efisien, terutama sesuai dengan budget. Maka dari itu, kamu wajib research dulu transportasi apa yang bisa membantumu berpindah destinasi dengan tepat dan aman.

5. Siapkan Dana Lebih
Sebaiknya kamu tetap siapkan dana lebih walaupun sudah membuat perencanaan budget. Dana ekstra ini bisa kamu pakai untuk berjaga-jaga, karena kamu nggak bisa menghindari kejadian nggak terduga selama berwisata.

Tips Keamanan untuk Solo Travelling
Solo traveling memang menawarkan kebebasan yang menarik banyak orang untuk mencoba aktivitas ini. Siapa yang nggak tergiur dengan melakukan hal menyenangkan dilengkapi dengan kebebasan? Tapi, kamu tetap perlu berjaga-jaga terutama buat kamu yang baru pertama kali menjalani solo traveling.

Kalau kamu bisa memahami solo traveling dengan baik, menyiapkannya dengan matang, kamu bakal terbantu selama melakukan perjalanan seorang diri untuk yang pertama kali. Nah di bawah ini beberapa tips solo traveling yang aman khususnya buat kamu yang masih pemula :
Melakukan riset tentang destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Menyesuaikan kewaspadaan saat ada di tempat baru yang asing
Tentukan akomodasi yang tepat dan terpercaya
Buat salinan dokumen penting untuk berjaga-jaga jika hilang
Pilih transportasi yang terpercaya
Bagikan info tentang rencana perjalanan kamu ke orang yang bisa dipercaya
Jangan takut untuk bertanya ke orang sekitar dan percayai instingmu

Solo traveling nggak seseram yang dibayangkan, bukan? Ada banyak banget hal baru yang akan kamu pelajari di perjalanan. Kuncinya adalah persiapan matang dan riset mendalam tentang tempat tujuan traveling-mu. Solo traveling jadi aktivitas yang menyenangkan, praktis dan banyak pelajaran yang bisa kamu dapat saat melakukannya. Semua itu tentu bisa dicapai kalau kamu menyiapkan solo trip dengan tepat dan rinci, karena persiapan yang matang bakal menyelamatkanmu saat kondisi nggak terduga terjadi.

Nah, itu dia serba-serbi lengkap tentang solo traveling yang wajib kamu tahu, terutama buat kamu yang masih pemula dan berencana ingin melakukannya. Pastikan kamu menyiapkan rencana dengan matang ya, supaya solo trip kamu aman, asik dan menyenangkan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: