GSX-8R, Motor Baru dari Suzuki, Diklaim Sebagai Motor Sport Riding dan Touring

GSX-8R, Motor Baru dari Suzuki, Diklaim Sebagai Motor Sport Riding dan Touring

Suzuki GSX-8R-(foto: istimewa)-

BACA JUGA:Apa itu Child Lock: Cara Menggunakan dan Fitur Keamanan Mobil

Sementara bagian samping, dari mesin sampai ke belakang mirip GSX-8S. Sama-sama melihatkan subframe tanpa cover dan panel bodi buntut yang pendek. 

Sepatbor juga identik, menggunakan model menggantung dengan dimensi panjang. Ini menciptakan tampilan ramping dan kompak dengan sentuhan futuristik yang menunjukkan identitas baru Suzuki.

Suzuki GSX-8R memiliki banyak kesamaan dengan GSX-8S. Menggunakan rangka baja tubular dengan subframe aluminium terpisah. 

Karena ia model sport fairing, setang aluminium tempa terpisah dibaut ke penjepit segitiga atas untuk memberikan posisi berkendara sporty.

BACA JUGA:Jenis-jenis Dongkrak Mobil yang Perlu Dimiliki dan Fungsinya

Dimensi panjang 2.155 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.135 mm. Jarak bebas ke tanah adalah 145 mm dan ketinggian tempat duduk 810 mm. Sementara jarak sumbu roda 1.465 mm dan berat keringnya mencapai 205 kg.

Di bawah bodywork baru, bagian mekanisnya sebagian besar sudah familiar. Mesinnya sama dengan engkol 270 derajat, kembar paralel 776 cc yang digunakan pada GSX-8S dan V-Strom 800DE. 

Menghasilkan tenaga 81,8 hp yang tidak berubah di 8.500 rpm dan torsi 78,2 Nm di 6.800 rpm. Jauh dari angka superbike tetapi cukup untuk pengendara yang ingin naik level ke kelas menengah.

Seperti kita ketahui, banyak pabrikan mengubah persepsi dengan merevolusi mesin di motor sport kelas menengah. 

Standar mesin 600 cc inline-four perlahan mulai menghilang. Kini mulai berganti dengan mesin yang lebih ringkas namun tetap menunjukkan kemampuan supersport. 

Selain Suzuki ada Yamaha, Aprilia dan Ducati yang sekarang mempercayakan enjin 2-silinder dengan skema sesuai identitas perusahaan.

Serupa dengan model naked, mesin 8R dikendalikan melalui sistem ride-by-wire yang memungkinkan tiga mode berkendara. 

BACA JUGA:Apa Sih Bedanya Bensin Pertalite vs Bensin Pertamax?

Kemudian Traction Control System, Up and down quickshifter, Suzuki Easy Start (push-button start; no clutch required) dan Low RPM assist.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: