Air Terjun Tegenungan di Gianyar, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Tegenungan di Gianyar, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang berada di Gianyar, Bali.-Akun Insatagram @liska_ballon -

Lokasi Air Terjun Tegenungan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Air Terjun Tegenungan berada di desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Bila dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan ini berada dekat dengan kawasan wisata di Bali Selatan. 

Sebagian besar air terjun di Bali berada di daerah pegunungan atau daerah yang mempunyai dataran tinggi, tapi Tegenungan Waterfall ini terletak di dataran rendah.  

Bila kamu menginap di kawasan wisata Kuta, untuk mencapai objek wisata ini akan menempuh jarak sekitar 32 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh mencapai 1 jam 10 menit. 

Tentu saja jalan raya dalam kondisi normal atau tidak ada kepadatan kendaraan sampai macet.  Sementara bila kamu menginap di kawasan wisata Tanjung Benoa, maka untuk menuju Tegenungan Waterfall ini akan menempuh jarak yang lebih jauh. Kamu akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh mencapai 1 jam 10 menit dan harus memakai jalan tol.  

Lain halnya bila kamu berangkat dari tempat wisata yang ada di Ubud, Bali. Misalnya kamu berangkat dari Ubud Monkey Forest. Dari lokasi tersebut menuju Tegenungan Waterfall akan menempuh jarak 12 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 30 menit.  

BACA JUGA:Air Terjun Dua Warna, Memiliki Keindahan dan Keunikan Cerita Mistis yang Menyelimutinya

Lokasi air terjun ini tidak berada di tepi jalan, sehingga kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya mencapai ratusan dari tempat parkir. Setelah menuruni anak tangga, maka kamu akan menemukan bibir sungai Petanu. 

Untuk menuruni ratusan anak tangga tidak akan terasa capek, tapi ketika kamu harus kembali ke tempat parkir baru akan terasa capek.  

Fasilitas Air Terjun Tegenungan 

Bicara soal fasilitas air terjun tegenungan sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, toilet, area parkir, kedai makanan, dan beberapa gazebo tempat beristirahat.

Harga Tiket  dan Jam Buka Air Tejun Tegenungan 

Dengan biaya tiket masuk, objek wisata Tegenungan mulai terlihat rapi. Sementara itu, para pengunjung akan dikenai biaya masuk Rp20.000 per orang untuk masuk ke Air Terjun Tegenungan Utama, Rp20.000 per orang untuk masuk ke atas air terjun, serta parkir mobil akan dikenakan tarif Rp5.000. 

Untuk jam operasional sendiri Air Terjun Tegenungan dibuka mulai dari pukul 06.30 sampai 08.30. Nah, jika kamu yang ingin berkunjung ke Air Tejun Tegenungan,  waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi hari sekitar pukul 07.00 untuk menghindari cuaca terik. Kamu juga bisa datang di sore hari sekitar 16.30 supaya terik matahari berkurang. 

Itulah informasi mengenai daya tarik, lokasi, fasilitas dan harga tiket serta jam buka dari Air Terjun Tegenungan. Jadi tunggu apalagi? bagi kamu yang sedang berada di Bali jangan sampai melewatkan destinasi wisata yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: