Begini Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Bisa Dilakukan di Rumah

Begini Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Bisa Dilakukan di Rumah

Alergi dingin atau alergi jenis apapun seringnya terjadi karena kondisi imunitas tubuh yang menurun--

5. Terjadi Selama 7 – 10 Hari
Umumnya, pilek karena virus terjadi dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh hari. Biasanya dokter akan menanyakan tingkat keparahan pilek pada pasien tersebut sehingga obat yang diberikan juga akan berbeda dan apakah membutuhkan antibiotik untuk meredakannya.

6. Seringnya Terjadi Saat Cuaca Tertentu
Pilek atau flu karena virus berbeda dengan ciri-ciri alergi dingin, ini dapat terjadi karena kondisi cuaca tertentu misalnya saat pancaroba, saat musim gugur, musim dingin, bahkan musim hujan. Oleh karenanya banyak yang menyarankan supaya kita mengkonsumsi vitamin C agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik.

7. Pilek Penyakit Menular
Pakar mengungkapkan bahwa pilek karena virus dapat menular melalui udara atau percikan partikel yang tak sengaja terhirup oleh orang yang sehat. Cara mencegah paling tepat adalah dengan menggunakan masker, mencuci tangan, serta hindari memegang area wajah ketika harus bertemu dengan orang yang sedang pilek atau flu.

BACA JUGA:Kawasaki Z650RS! Makin Keren dengan Tambah Fitur KTRC dan Desain Retro

Ciri-Ciri yang Muncul pada Pilek dan Alergi
Perbedaan antara pilek dan alergi dingin sangat terlihat jelas, namun keduanya juga memiliki kesamaan yang sangat kentara seperti penderita pilek dan yang mengalami ciri-ciri alergi dingin biasanya akan mengalami bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat atau meler, dan mata berair.

Pada penderita asma, bahaya alergi dingin dapat memicu sesak napas karena alergi dingin kambuh, sama ketika batuk atau pilek melanda, penderita asma biasanya akan mengalami sesak napas. Keduanya sama-sama memerlukan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami
Alergi dingin yang parah bisa menggunakan obat tertentu untuk meredakannya, namun ada juga cara mengatasi alergi dingin secara alami bila alerginya tidak terlalu parah. Beberapa orang yang mengalami sesak napas karena alergi dingin mungkin harus segera dikonsultasikan ke dokter karena bahaya alergi dingin jika dibiarkan justru menimbulkan penyakit lainnya. Dilansir melalui berbagai sumber, berikut ini cara mengatasi alergi dingin secara alami:

BACA JUGA:Ini Dia, HP OPPO Harga 1 Jutaan

1. Menggunakan Air Garam Hangat
Cara mengatasi alergi dingin secara alami bisa menggunakan air garam hangat. Siapkan satu baskom ukuran sedang lalu masukkan kurang lebih satu liter air hangat pada baskom tersebut dan tambahkan garam secukupnya. Garam yang dipilih sepertinya tidak bisa sembarangan, yang disarankan adalah garam yang digunakan untuk terapi dan bebas sodium. Ibu bisa mencampurkan semuanya baru kemudian hirup air garam hangat tersebut secara perlahan. Air garam hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Menghirup udara segar pagi hari bagi penderita alergi dingin cukup mengganggu dan tidak dapat dirasakan sebagai proses healing, mereka akan seketika bersin-bersin berkali-kali. Untuk meredakannya, Ibu bisa segera menyeduh minuman hangat karena akan sangat membantu meredakan bersin-bersin atau gejala alergi dingin lainnya. Air hangat bisa berupa hanya air putih hangat biasa atau dicampur dengan lemon, bisa juga air hangat dari rebusan jahe dan sereh, dan lain-lain.

3. Menggunakan Masker Berlapis
Penderita alergi dingin pasti sudah sangat akrab dengan masker, mereka yang memiliki alergi sangat terbantu saat menggunakan masker karena gejala alergi dapat memudar hingga 70%. Pastikan menggunakan masker dengan filter berlapis dan bukan masker yang tipis.  Masker dengan ketebalan minimal akan sama saja membuat alergi dingin Ibu kambuh seketika.

BACA JUGA:Honda HR-V Lawan Toyota Yaris Cross, Siapa Lebih Baik?

4. Mengkonsumsi Yogurt
Yogurt merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin dan probiotik tinggi. Bakteri baik pada yogurt akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Yogurt juga dapat membantu sistem pernapasan lebih lancar selain itu dapat juga digunakan untuk asupan tambahan penghalau virus dan penyakit lainnya.

5. Cobalah untuk Minum Madu
Alergi dingin atau alergi jenis apapun seringnya terjadi karena kondisi imunitas tubuh yang menurun. Madu dapat membantu memelihara kesehatan dan kebugaran untuk tubuh. Pilihlah madu sesuai selera dan kebutuhan. Beberapa madu yang beredar di pasaran ada yang jenisnya madu pahit, madu dengan kandungan bee polen, atau bahkan madu alami.

6. Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau atau air kelapa serat merah sudah sejak lama dapat membantu menetralkan racun yang ada pada tubuh, sama juga dengan alergi yang tiba-tiba datang. Bila memungkinkan mencari air kelapa hijau atau air kelapa serat merah, maka akan sangat membantu penderita alergi meredakan alergi yang sedang terjadi.

BACA JUGA:7 Revolusi Digital Ini, Teknologi yang Mendominasi Era Modern

7. Menjaga Gaya Hidup yang Lebih Sehat
Badan yang sehat dan imunitas yang terjaga bisa menjadi satu alasan alergi yang dimiliki Ibu tidak kambuh meskipun sedang berada di cuaca yang dingin sekalipun. Alergi dingin akan berhenti bila pemicunya dijauhkan, namun saat kondisi badan fit dan sehat, alergi dingin bis jauh berkurang.

Coba juga untuk melakukan olahraga dan diet sehat sebagai penunjang gaya hidup sehat aktif. Lakukan minimal 30 menit setiap hari, tak perlu olahraga berat, cukup berjalan-jalan ringan pada pagi hari, jogging, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga yang mudah dijangkau.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: