Honda HR-V Lawan Toyota Yaris Cross, Siapa Lebih Baik?

Honda HR-V Lawan Toyota Yaris Cross, Siapa Lebih Baik?

Honda HR-V Lawan Toyota Yaris Cross-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasar otomotif saat ini tengah ramai dengan persaingan kelas mobil Compact SUV 5-seater

Hampir semua pabrikan kini “bermain” di kategori ini. Masing-masing saling berlomba menyajikan produk yang menarik minat konsumen. 

Pasalnya, mobil di kelas ini lumayan besar. Buktinya sepanjang 2023 yang lalu, Honda sukses menjual sebanyak 25.856 unit lewat Honda HR-V. Hal ini membuat HR-V jadi compact SUV yang paling laris manis sepanjang 2023 dibanding rival-rivalnya.

Tapi keberhasilan itu juga disebabkan karena beberapa brand, ada yang baru mengeluarkan produk di pertengahan tahun. Salah satunya Toyota yang baru merilis Yaris Cross pada bulan kelima 2023. 

BACA JUGA:Siapa Lebih Unggul Antara Compact SUV Listrik BYD Atto 3 Vs Chery Omoda E5?

Mungkin kalau startnya bareng, beda cerita. Apalagi jagoan Toyota ini dibekali banyak fitur kekinian yang tidak dimiliki rival sesama Jepang itu. 

Bahkan soal performa, meski ia mengusung mesin berkode 2NR-VE yang notabene tenaga dan torsinya lebih kecil dari mesin L15ZF yang dipakai HR-V, namun masih bisa ditandingi oleh Yaris Cross.

Berbicara untuk mesin Naturally Aspirated (N/A), tanpa turbo maupun teknologi hybrid, serta sama-sama pakai transmisi CVT. Kita ambil saja perbadingan antara Honda H-RV 1.5L SE CVT dengan Toyota Yaris Cross S CVT yang sama-sama pakai mesin 1.500 cc N/A. 

Sekadar info, mesin L15ZF 4-silinder 1.5L DOHC i-VTEC yang diusung Honda HR-V, di atas kertas memilik tenaga maksimum sebesar 120 dk di 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. 

BACA JUGA:Menjajal Suzuki Grand Vitara Hybrid, Cocok Diajak Kampanye Karena Miliki Fitur Ini

Sementara mesin 2NR-VE Yaris Cross S CVT yang berkapasitas murni 1.496 cc hanya memiliki daya maksimum 106 PS (104,6 dk) di putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm di 4.200 rpm.

Jelas secara tenaga dan torsi masih lebih unggul jagoan Honda, dengan selisih lumayan banyak. Tadinya kami mengira Yaris Cross akan sulit menandingi akselerasi Honda HR-V. 

Namun saat pertama kali jajal Yaris Cross tipe S GR Sport CVT TSS, pandangan itu langsung berubah. Pasalnya karakter akslerasi yang dirasakan tidak seperti line up Toyota lainnya yang mengusung mesin dengan kode 2NR-VE. 

Tarikannya cukup responsif, meski menggunakan transmisi otomatis jenis CVT. Hentakan tenaganya sama sekali tak terasa lemot di putaran bawah, tekan gas sedikit saja langsung ngacir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: