Mengenal Getuk Goreng Khas Sokaraja Sejak Tahun 1918

Mengenal Getuk Goreng Khas Sokaraja Sejak Tahun 1918

Getuk Goreng asal Sokaraja menjadi salah satu getuk unggulan yang dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Jawa Tengah-Pinterest-

BACA JUGA:Berburu Kuliner Khas Nusantara di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang

Seiring perkembangan zaman, popularitas getuk mulai tergerus oleh deretan jajanan-jajanan modern. Namun, masih banyak penjaja getuk yang dapat ditemui di pasar-pasar tradisional.

Nah, Getuk Goreng asal Sokaraja inilah yang menjadi salah satu getuk unggulan yang dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Jawa Tengah. Getuk Goreng merupakan kuliner khas dari Sokaraja, Banyumas, ini terbuat dari bahan dasar singkong atau biasanya masyarakat banyumas menyebutnya dengan sebutan Boled. 

Berbeda dengan getuk pada umummya, proses pengolahannya hampir sama singkong di rebus dulu sampai matang kemudian di tumbuk dan ditambah gula jawa atau kalo kamu kenalnya gula merah. 

Selanjutnya pembeda antara Getuk Goreng dengan getuk lainnya, setelah di tumbuk getuk di goreng. Perpaduan antara singkong dan gula jawa setelah di goreng terasa manis dan gurih serta aromanya sangat menggugah selera. 

BACA JUGA:Berburu Kuliner Khas Nusantara di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang

Di balik kenikmatannya, Getuk Goreng memiliki sejarah terkait keberadaannya. Pada awalnya Getuk Goreng ditemukan sekitar tahun 1918 secara tidak sengaja oleh Sunpringad, seorang penjual nasi rames yang keliling di daerah sokaraja. 

Getuk basah adaLah salah satu dagangannya yang tiap hari di jualnya, pada saat itu getuk basah yang beliau jual gak laku, sehingga beliau berpikir agar getuk tersebut bisa dikomsumsi kembali.

Kemudian getuk basah yang tidak habis terjual, beliau goreng dan dijual kembali, ternyata getuk goreng ini digemari oleh para pembeli dan disukai. 

Kini Getuk Goreng bukanlah getuk basah yang tidak laku terjual melainkan Getuk Goreng ini yang sengaja di jual hingga saat ini. 

Seiring bekembangan zaman yang semakin modern, tentunya ada banyak inovasi terhadapa penyajian getuk, bahkan Getuk Goreng asli Sokaraja ini, memiliki beberapa macam varian rasa seperti rasa durian, rasa coklat, nangka, nanas, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Mengenal Kebudayaan Suku Minangkabau Lewat Kue Pinyaram

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah tertarik mencoba panganan yang satu ini. Saat ini kamu tidak perlu berkunjung ke Jawa tengah, karena banyak e-commerce yang menjual Getuk Goreng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: