Uang Kuno Amerika Paling Diburu Kolektor

Uang Kuno Amerika Paling Diburu Kolektor

Uang Kuno Amerika Paling Diburu Kolektor-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

2. Double Eagle

Koin kuno Amerika yang menjadi buruan kolektor berikutnya adalah Double Eagle yang dicetak pada tahun 1933. Sejarahnya cukup unik, karena koin ini awalnya ditarik dari peredaran masyarakat dan kemudian dilebur kembali.

Presiden saat itu, Rossevelt, melarang kepemilikan emas oleh siapa pun, menganggapnya sebagai langkah untuk mengatasi krisis perbankan. Meskipun demikian, tanpa alasan yang jelas, sejumlah kecil koin Double Eagle berhasil menghindari proses peleburan.

Sayangnya, kepemilikan koin ini masih dianggap ilegal, dan jika ditemukan, koin tersebut akan segera disita. Meski demikian, ada satu pemilik pribadi yang berhasil memperolehnya, dan pemilik tersebut kemudian menjualnya kepada Raja Farouk dari Mesir.

Meskipun pada akhirnya pemilik dipaksa untuk menjual kembali koin tersebut dan berbagi hasilnya dengan mint Amerika Serikat. Menariknya, dalam sebuah lelang pada tahun 2002, koin Double Eagle ini terjual dengan nilai mencapai 7,6 juta dolar AS.

3. Saint-Gaudens Double Eagle

Koin kuno Amerika yang menjadi incaran kolektor berikutnya adalah Saint-Gaudens Double Eagle yang diterbitkan pada tahun 1907. Koin ini menjadi salah satu yang sulit untuk diproduksi dalam jumlah besar karena desainnya yang sangat rumit.

Akhirnya, terjadi perubahan desain yang dipimpin oleh Charles Barber, kepala pengukir Mint AS.

Dalam perubahan desain tersebut, Charles Barber memutuskan untuk menghilangkan kata-kata "In God We Trust" yang sebelumnya terdapat dalam koin. Namun, ide ini tidak sesuai dengan keinginan Kongres.

Meskipun demikian, produksi koin ini tetap dilakukan, dan kini koin tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi, mencapai USD 7,6 juta atau lebih dari 107 miliar.

BACA JUGA:Cara Mudah Jual Uang Kuno, Simak Selengkapnya

BACA JUGA:Ini Lokasi dan Nomor WhatsApp Jual Beli Uang Kuno

4. Brasher Doubloon Coin

Koin kuno Amerika yang dicari oleh para kolektor berikutnya adalah Brasher Doubloon Coin yang diterbitkan pada tahun 1787. Koin ini memiliki sejarah yang unik, awalnya diciptakan dengan maksud untuk meyakinkan negara bagian New York untuk membuat koin menggunakan bahan tembaga.

Namun, usulan ini tidak disetujui oleh pemerintah pada saat itu, dan pembuat koin bernama Ephriam memutuskan untuk tetap mencetak koin baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: