5 Koin Termahal di Dunia Ternyata Nilainya Bikin Geleng Kepala

5 Koin Termahal di Dunia Ternyata Nilainya Bikin Geleng Kepala

Koin-koin termahal di dunia-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Tak Perlu Bingung Jual Uang Kuno, Cek Ini Alamat dan Nomor HP Kolektor yang Bisa Dihubungi

3. Saint-Gaudens Double Eagle

Saint-Gaudens Double Eagle yang diterbitkan pada tahun 1907 merupakan koin yang ternyata lebih sulit untuk diproduksi dalam jumlah besar dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya.

Desain yang rumit menyebabkan produksi koin ini terhenti sementara waktu untuk melakukan perubahan desain. Charles Barber, Kepala Pengukir US Mint, memutuskan untuk menghapus kata-kata "In God We Trust" dari koin tersebut.

Namun, keputusan ini tidak mendapatkan dukungan dari Kongres, dan akhirnya koin tersebut tetap diproduksi. Saat ini, nilai koin tersebut mencapai 7,6 juta dolar AS atau setara dengan Rp 115,5 miliar.

4. Brasher Doubloon

Uang koin yang terbuat dari tembaga ini dicetak pada tahun 1787 dengan tujuan meyakinkan Negara Bagian New York untuk mengadopsi penggunaan koin tembaga daripada emas.

Meskipun demikian, rencana Ephriam Brasher ditolak oleh Negara, yang menyatakan bahwa mereka tidak berminat memiliki koin baru yang terbuat dari tembaga.

Brasher tidak terpengaruh oleh penolakan tersebut dan memutuskan untuk mencetak koin baru, terutama dalam bahan perunggu, namun juga mencetak beberapa koin emas 22 karat sebagai tambahan.

Koin-koin ini dianggap sangat berharga karena keberadaannya yang sangat langka dan memiliki sejarah yang menarik. Pada tahun 2011, sebuah Perusahaan Investasi Wall Street membeli satu koin dalam sebuah lelang dengan harga mencapai 7,4 juta dolar AS atau setara dengan Rp112,5 miliar.

5. Edward III Florin

Koin Edward III Florin, dicetak pada tahun 1343, merupakan koin tertua yang telah berusia sekitar 670 tahun. Saat ini, koin tersebut memiliki nilai sebesar 6,8 juta dolar AS atau setara dengan Rp103,4 miliar.

BACA JUGA:Cek Fakta Uang Kuno di Indonesia, Benarkah Berlapis Emas?

BACA JUGA:Trik Jitu Mendapatkan Koin Shopee Secara Gratis, Begini Cara Mengubahnya Menjadi ShopeePay

Koin ini bukan hanya salah satu koin termahal di dunia, tetapi juga termasuk yang paling langka, dengan kemungkinan kecil bahwa akan ditemukan koin identik lainnya di masa mendatang. Penemuan koin ini terjadi pada tahun 2006, dan koin tersebut dilelang pada tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: