7 Keutamaan dari Sholat Tahajud, Mempertebal Iman hingga Diampuni Dosa

7 Keutamaan dari Sholat Tahajud, Mempertebal Iman hingga Diampuni Dosa

7 Manfaat atau keutamaan sholat tahajud-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Mereka itu tidak sama. Di antara ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu pada malam hari. sedang mereka juga bersujud (sembahyang). Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar serta bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang yang shaleh. Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menenerima pahala)-Nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa,".

5. Iman Menjadi Kuat

Sholat Tahajud membentuk konsentrasi dan kesungguhan dalam beribadah, memperkuat keyakinan, serta ketakwaan kepada Allah SWT, sebagaimana yang diungkapkan dalam firman-Nya.

"Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) pada malam hari. kecuali sedikit (daripadanya). (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya, kami akan menurunkan bacaan pada waktu itu lebih berkesan," (QS Al Muzzammil: 1-6).

6. Sarana Memohon Ampunan

Sholat Tahajud adalah wadah yang ideal untuk melakukan munajat (berdoa dengan penuh kekhusyukan) kepada Allah SWT serta memohon ampunan dari-Nya, sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT.

"Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,". (QS. Muzzammil:20)

BACA JUGA:13 Manfaat Sholat Tahajud untuk Wanita, Salah Satunya Terlihat Lebih Menawan

BACA JUGA:Masih Bingung dengan Jumlah Rakaat Sholat Tahajud, Simak Penjelasan Syekh Ali Jaber Berikut

7. Melatih Kesabaran

Sholat tahajud juga memiliki kelebihan untuk membentuk kesabaran, seperti yang diindikasikan dalam firman Allah SWT yang menyinggung pentingnya melaksanakan shalat malam setelah memberikan perintah untuk bersabar.

Hal tersebut sebagaimana difirmankan Allah SWT dalam surah At Tur ayat 48 yang artinya:

"Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri,".

Itulah penjelasan tentang beberapa keutamaan dari sholat tahajud. Semoga Bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: