Tahajud Merupakan Sarana Dikabulkannya Doa, Berikut Penjelasannya

Tahajud Merupakan Sarana Dikabulkannya Doa, Berikut Penjelasannya

Tahajud sebagai sarana dikabulkannya doa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah utama yang memiliki berbagai keutamaan.

Terutama karena pelaksanaannya pada waktu malam, yang dianggap sebagai waktu yang sangat cocok untuk doa-doa yang lebih mungkin dikabulkan.

Waktu pelaksanaan sholat tahajud terjadi pada malam hari, sesuai dengan penjelasan dari Imam Syafi'i yang menyatakan bahwa:

BACA JUGA:11 Manfaat Sholat Tahajud untuk Wanita, Diantarnya Membuat Wajah Cantik Lagi Bercahaya

BACA JUGA:Sholat Malam dan Tahajud Ternyata Berbeda, Berikut Penjelasan Gus Iqdam

"Sholat malam dan sholat witir baik sebelum maupun sesudah tidur dinamai tahajud. Orang yang melaksanakan sholat tahajud disebut mutahajid. Sholat tahajud ialah sholat sunnah pada waktu malam, lebih baik dikerjakan sesudah larut malam dan sesudah tidur. Bilangan rakaatnya tidak dibatasi, boleh sekuatnya,".

Dalam buku "Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran" karya Agung Nugroho Susanto, dijelaskan bahwa waktu sholat tahajud (malam) sebenarnya dibagi menjadi tiga bagian.

Aisyah ra berkata:

"Setiap malam Rasulullah SAW melakukan sholat witir, baik di awal, pertengahannya, atau di akhirnya. Dan berakhir waktu witir beliau sampai waktu sahur," (HR Bukhari dan Muslim).

Perintah untuk melaksanakan sholat tahajud sendiri disampaikan dalam Al Qur'an surah Al Isra ayat 79 yang artinya:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,".

Jabir bin Abdillah ra mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam," (HR Muslim)

Imam An Nawawi menyatakan bahwa hadis tersebut menegaskan adanya waktu yang spesifik di mana doa-doa dikabulkan setiap malam, dan memberikan dorongan agar selalu berdoa sepanjang waktu malam guna mencapai waktu yang diberkahi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: