Mencicipi Es Dawet Legendaris di Kota Kretek yang Sudah Ada Sejak 1969

Mencicipi Es Dawet Legendaris di Kota Kretek yang Sudah Ada Sejak 1969

Es Dawet Moro Seneng yang berada di Pasar Kliwon -Akun Instagram @menudijogja-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kota Kudus, kota yang dijuluki kota Kretek ini memiliki berbagai kuliner lezat yang bisa bikin kamu ketagihan. Salah satu tempat wisata kuliner yang paling sering di kunjungi wisatawan adalah Pasar Kliwon, pasar ini menyediakan berbagai kedai Es Dawet legendaris yang ada di Kota Kudus, Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya es Dawet Kliwon berasal dari pasar kliwon yang menjadi pusat penjualan es dawet. Salah satu es Dawet yang terkenal dan banyak dicari para pengunjung pasar adalah es Dawet Moro Seneng

Penjualan es Dawet Moro Seneng ini sudah ada sejak 1969, warung es dawet ini berada di Gang Jayan, Mlati Lor, yang berada di timur Pasar Kliwon, kudus, Jawa Tengah. Es dawet Moro Seneng warungnya tak terlalu luas, memang ditujukan untuk pengunjung pasar yang sekedar mampir minum.

BACA JUGA:Mencicipi Kue Wajik, Nikmatnya Kelezatan Kue Warisan Keraton Jawa

Ruangannya berukuran empat meter persegi, di depan dan samping penjual terdapat kursi panjang tempat pelanggan duduk. Tidak ada sekat, hanya satu ruangan kotak.

Kisah perjalanan es dawet Moro Seneng mulanya berada di Pasar Kliwon, namun pada saat itu terjadi kebakaran pada tahun 1969, mengharuskan warung harus pindah dari dalam pasar ke Gang Jayan. Setelah pasar selesai direnovasi, warung es dawet Moro Seneng membuka lagi warungnya di dalam pasar dan warung di Gang Jayan tetap buka hingga sekarang.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Roti Kompyang yang Sudah Ada Pada Masa Dinasti Ming 1563 Masehi

Keunikan minuman yang satu ini adalah rasanya sama dan konsisten nikmat serta manis cocok untuk menghilangkan dahaga setelah lelah berkeliling ke pasar. Es Dawet Moro Seneng menyediakan dua varian menu yaitu es dawet dengan sirup rasa frambos dan gula aren. Bisa juga memesan tanpa menggunakan es, semua bahan diproduksi sendiri, termasuk sirupnya.

Usaha ini turun temurun dari keluarga ini sangat laris manis mereka bisa menjual 650 – 900 lebih porsi per harinya. Untuk harga juga tidak perlu diragukan dan di khawatirkan karena harga per porsi dari es manis ini hanya Rp 5000 saja. 

Kedai Es Dawet Moro Seneng melayani pelanggan mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Harganya juga murah yakni hanya Rp 5 ribu per porsinya. Nah, jadi untuk kamu yang sedang berada di kota kretek, Kudus, wajib banget menikmati es dawet yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: