Mencicipi Kue Wajik, Nikmatnya Kelezatan Kue Warisan Keraton Jawa

Mencicipi Kue Wajik, Nikmatnya Kelezatan Kue Warisan Keraton Jawa

Kue Wajik -Akun Instagram @ideusaharumahan-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia yang merupakan negara yang terkenal dengan beragam kuliner dengan cita rasa unik. Terbesar dari Sabang hingga Marauke. 

Tak terkecuali dengan kue wajik, kue ini telah menjadi salah satu bagian dari kekayaan kuliner Indonesia. kue wajik merupakan salah satu panganan favorit seluruh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang manis dan juga bikin nagih.

Kue yang satu ini merupakan kue khas dari daerah Jawa, kue wajik biasanya dihidangkan pada acara syukuran dan pernikahan.

Makanan merupakan cerminan kehidupan masyarakat, sama hal nya dengan Kue Wajik. Melalui makanan tradisional ini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan masyarakat yang berkembang dengan pesatnya.

BACA JUGA:Mencoba Kelezatan Nasi Krawu Khas Jawa Timur

Tak hanya lezat, makanan ini juga menyimpan banyak cerita dan kisah yang menarik lainnya untuk diungkap. Nah, bagaimana kalau kita menelusuri mulai dari asal-usul Kue Wajik. 

Tahu kah kamu, Kue Wajik merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah ada sejak zaman kerajaan di daerah keraton-keraton.

Menurut sejarah, Kue Wajik merupakan bagian dari tradisi kuliner dalam upacara-upacara keagamaan maupun acara kekeluargaan, seperti pesta pernikahan atau upacara selamatan.

BACA JUGA:Kabuto Makanan Pokok Suku Muna yang Terbuat dari Olahan Singkong Fermentasi

Dahulu kala, Kue Wajik dibuat dengan cara tradisional. Ketan di masak dengan campuran gula kelapa dan santan hingga kental, kemudian dicetak menjadi berbagai bentuk dan dikonsumsi sebagai hidangan penutup atau camilan.

Namun seiring berjalannya waktu, panganan yang sering di jadikan oleh oleh ini semakin berkembang dan mendapatkan variasi rasa, bentuk, dan warna yang berbeda-beda. Beberapa variasi wajik yang populer saat ini di antaranya adalah Wajik ketan hitam dan Wajik ketan hijau.

Dalam sejarah kuliner Indonesia, kue wajik telah menjadi salah satu makanan yang sangat dihargai dan diingat oleh banyak orang. Bahkan di era modern ini, wajik masih menjadi makanan yang sangat populer dan dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kafe Instagramable di Lampung, Cocok Tempat Nongkrong Asyik Bersama Teman dan Keluarga

Selain itu, wajik juga tergolong mudah untuk dibuat di rumah. Meskipun mungkin terlihat rumit bagi yang belum pernah mencobanya, cara membuat wajik ketan sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: