Air Terjun Mangku Kodek, Destinasi Wisata Air Terjun di Bawah Kaki Gunung Rinjani

Air Terjun Mangku Kodek, Destinasi Wisata Air Terjun di Bawah Kaki Gunung Rinjani

Keindahan Air Terjun Mangku Kodek-by : Hilman Setiawan-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkenal dengan destinasi wisata Gunung Rinjani yang menakjubkan menjadikan Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu pilihan para wisatawan untuk menjelajahi kekayaan alam yang ada disana. 

Tahukah kamu, wilayah yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani memiliki wisata air terjun yang menakjubkan. Salah satu air terjun yang menarik perhatian adalah air terjun Mangku Kedok. Banyak wisatawan menghabiskan waktunya untuk menyaksikan keindahan panorama alam air terjun Mangku Kedok yang asri dan tenang. 

Air Terjun ini berada di Lombok Timur tepatnya di Jalan Raya Sembalun Lawang, Dusun Sajang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Asal usul nama Air Terjun Mangku Kodek berasal dari bahasa Sasak yang berarti Kecil karena air terjun yang satu ini berada ditempat tersembunyi, yaitu dibalik tebing-tebing yang diapit bebatuan dan terbentuk secara alami.

BACA JUGA:Berselancar dan Menikmati Indahnya Pepohonan di Pantai Mandiri Krui, Lampung

Daya tarik destinasi wisata ini adalah memiliki pemandangan tebing yang menjulang tinggi di kanan kiri sungai tersebut. Sungai nya yang berwarna toska jernih nan bening ini dapat kamu nikmati lengkap dengan pemandangan tebing yang menjulang tinggi dengan indahnya walaupun Air Terjun Mangku Kodek ini sebenarnya hanya setinggi tiga meter. 


Keindahan Air Terjun Mangku Kodek-by : Hilman Setiawan-

Terbayang kan bagaimana eloknya air terjun hidden paradise ini dengan segarnya alam, terasa seperti di latar film fantasi berjudul The Chronicles of Narnia. Bagaimana sudah terbanyang-bayang akan keindahannya membayangkannya saja rasanya sudah seperti di surga. 

Selain itu, ketika kamu menjelajahi Air Terjun Mangku kodek, kamu juga bisa sekaligus menjelajahi wisata air terjun lain yakni Air Terjun Mangku Sakti yang tepat berada di bawah Air Terjun Mangku Kodek.

BACA JUGA:Kunjungi Wisata Sejarah di Museum Kota Makassar, Mengenal Lebih Dalam Makassar Dimasa Lampau

Biasanya Air Terjun Mangku Kodek ini lebih sepi pengunjung, meskipun begitu air terjun ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan destinasi wisata air terjun lainnya. Bahkan kamu dapat menikmati keindahannya serasa seperti air terjun milik sendiri.

Untuk segi fasilitas di area tempat wisata Air Terjun Mangku Kodek ini belum ada, jadi jangan lupa untuk membawa persediaan makanan dan minuman. Tetapi untuk kawasan area parkir tetap tersedia warung-warung, serta terdapat pula gazebo untuk sholat atau ibadah dan istirahat.

Untuk menuju ke air terjun ini, membutuhkan sedikit perjuangan, karena akses nya yang dapat dibilang cukup sulit dan sedikit terjal. Dari parkiran pun anda masih perlu berjalan kaki kurang lebih 20 menit dari Sekretariat PAPAR (Pemuda Adat Peduli Anak Rinjani) atau berjarak sekitar empat kilometer. 

Tetapi rasa lelah saat menuju air terjun ini akan membuahkan hasil yang tidak akan mengecewakan. Setelah sampai rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan yang begitu memukau, tebing-tebing akan menyambut tiap wisatawan yang singgah. Dan pengunjung di sini perlu berhati-hati karena dasar sungai di Ai Terjun Mangku Kodek tidak begitu rata dan sedikit licin. 

Nah, bagaimana menurutmu apakah kamu tertarik mengunjungi destinasi wisata yang satu ini? Berkunjung ke Air Terjun Mangku Kodek akan menghilangkan stress karena memiliki suasana yang tenang dan juga damai, cocok untuk kamu yang suka healing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: