Sungai Mudal, Indahnya Aliran Air Sungai Berwarna Hijau Tosca di tengah Bukit Menoreh Kulon, Progo Yogyakarta

Sungai Mudal, Indahnya Aliran Air Sungai Berwarna Hijau Tosca di tengah Bukit Menoreh Kulon,  Progo Yogyakarta

Keindahan Air Sungai Mudal yang berwarna hijau tosca-Akun Instagram @dadungz-

BENGKULUEKSPRESS.COM  – Salah satu pilihan destinasi liburan saat berkunjung ke Kulon Progo adalah dataran tingginya. Dataran tinggi di Kabupaten Kulon Progo selalu menawarkan kesejukan dan hamparan alam yang masih sangat asri.

Salah satunya ekowisata Sungai Mudal surga kecil yang berada di Dusun Banyunganti, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Daya tarik utama ekowisata Sungai Mudal yang dikelilingi Bukit ini terdapat pada kolam pemandian yang jernih dan berwarna hijau tosca serta biru dengan air segar, sejuk dan dingin yang berasal dari sumber mata air Mudal.


Ait terjun kecil berundak yang ada di aliran air Sungai Mudal -Akun Instagram @dya.harin -

Pada Awalnya ekowisata Sungai Mudal merupakan kebun biasa yang tidak terawat. Kemudian, hadirnya wisata alam baru bernama Grojogan Sewu dan Kembang Soka, membuat pemuda dan tokoh setempat berkolaborasi untuk merawat tempat tersebut.

Asal usul destinasi Sunga Mudal Berawal dari Kata Mudal, yang berarti keluar. Kata tersebut memiliki makna sumber mata air Sungai Mudal yang mengalir sepanjang tahun dan digunakan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

Mata air Mudal sebagian juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di tiga Padukuhan seperti Banyunganti, Gunungkelir, dan Sukomoyo. Di samping itu, aliran air  sungai sampai ke air terjun yang berada di bawah Sungai Mudal.

Adapun fasilitas yang terdapat di objek wisata ini antaranya kolam renang anak, gazebo, kolam renang dewasa dengan beragam kedalaman mulai dari 2,5 meter, 170 centimeter, dan dua kolam alami sedalam 1 meter.

Destinasi wisata yang satu ini  juga memiliki tiga kolam yang semi permanen dengan kedalaman 1 meter dan 70 centimeter.  Selain itu, terdapat pula spot foto yang mulai dari air terjun yang berundak-undak, jembatan di tengah sungai yang menyajikan aliran sungai terlihat sangat jelas dan cantik. Banyak pengunjung yang tertarik merasakan sensasi kesegaran air Sungai Mudal dengan berenang di beberapa spot kolam.


Tempat yang sering dijadikan spot berfoto di Sungai Mudal -Akun Instagram @piknikyogya-

Fakta menarik destinasi wisata yang satu ini yakni memiliki banyak manfaat bagi masyarakat salah satunya, dapat memberdayakan masyarakat dengan merangkul semua kalangan untuk mengelola ekowisata tersebut. Ekowisata ini juga mengacu pada prinsip ekowisata yang bertanggungjawab terhadap kelestarian area yang masih alami, memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat.

Jika kamu berkunjung ke destinasi wisata yang stau ini kamu dapat sepuasnya menikmati keindahan destinasi wisata Sungai Mudal dengan tiket masuk Rp 15.000 per orang dengan jam buka setiap hari pukul 08.30-15.30 WIB.

Nah, jika kamu berkunjungh ke Kulon Progo kamu bisa kunjungi destinasi wisata yang satu ini, destinasi yang cocok jika kamu ingin bersenang-senang dan mengilangkan stress dengan menikmati bermain dengan segarnya air Sungai Mudal dan Keindahan Panorama alam yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: