10 Rekomendasi Kuliner Terunik dan Terlezat Wajib Dicoba Saat Bertandang ke Papua

10 Rekomendasi Kuliner Terunik dan Terlezat Wajib Dicoba Saat Bertandang ke Papua

Papeda yang terbuat dari sagu dikombinasikan sayur kuah kuning -Akun Intagram @justtryandtaste-

BENGKULUEKPRESS.COM -  Jika ingat Papua yang terlintas hanyalah destinasi wisatanya yang memukau dan kuliner papeda yang menjadi keunikan saat bertandang ke Papua. Tahukah kamu ternyata  di Papua memiliki banyak sekali kuliner tradisional  yang bisa kamu jelajahi. 

Memang makanan apa saja yang bisa di coba saat berkunjung ke Papua, apakah memilki cita rasa yang tak kalah enak dengan kuliner lain yang ada di Indonesia. Yuk, kita bahas ! berikut 10 rekomendasi kuliner terunik dan terlezat yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Papua:

1. Papeda dengan Ikan Kuah Kuning (Papua)


Papeda dengan ikan kuah kuning -Akun instagram @love_and_sweet_tata-
Papeda merupakan makanan khas Papua yang terbuat dari pohon sagu yang diperas, disaring dan dimasak hingga memiliki tekstur yang kental, padat dengan rasa tawar. Papeda merupakan salah satu makanan yang paling dikenal banyak orang, karena makanan ini adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Papua yang kaya akan sumber karbohidrat. Kini, papeda juga bisa dibuat dari tepung sagu dengan air yang mendidih dengan mengaduknya hingga mengental ditambahkan sedikit garam.

Biasanya, papeda disajikan dengan ikan kuah kuning dengan rasanya yang sangat segar terbuat dari kunyit dan bumbu rempah lainnya seperti bawang merah, cabe merah dan lainnya . Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tongkol atau ikan bandeng. 

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Kuliner Khas Malang yang Populer, Pelancong Wajib Coba

2. Keladi Tumbuk (Papua)


Keladi tumbuk- Akun Instagram @lisnaismail-

Terbuat dari talas yang direbus lalu ditumbuk hingga halus, rasanya tawar dan lembut layaknya bubur. Makanan khas Papua satu ini biasanya disajikan dengan sayur pakis lodeh, ikan suwir asap dan sambal sehingga menciptakan cita rasa yang unik dan gurih dari sajian sayur lodeh dan ikan suir. Makanan ini kaya akan nutrisi dan cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet karena rendah gula dan karbohidrat. 

3. Ikan Asar (Jayapura, Papua)


Ikan Asar, ikan yang dimasak melalui proses pengasapan -Akun Instagram @dapur_nn-
Ikan Asar, ikan yang dimasak melalui proses pengasapan -Akun Instagram @dapur_nn-

Ikan asar khas Jayapura diasapi dengan cara peletakannya secara diagonal di sisi bara yang menghasilkan asap agar ikan benar-benar masak dan kering hingga ke sisi daging ikan selama 4 hingga 5 jam di dalam ruangan yang tertutup.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan yang memiliki daging bertekstur padat seperti ikan cakalang, ikan tongkol, ikan ekor kuning dan lainnya. Rasanya yang gurih dan aromanya yang segar, ikan ini sangat pas disantap bersama nasi panas yang dilengkapi dengan sambal kecap dan sayung kangkung.

Ikan asar (asap) ini juga dikenal sebagai makanan khas Maluku karena fauna endemiknya yang mirip dengan Papua. Di Maluku makanan ini disebut ikan asap cakalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: