Mengunjungi Candi Prambanan, Destinasi Wisata Sejarah Hindu Kuno di Sleman Yogyakarta

Mengunjungi Candi Prambanan, Destinasi Wisata Sejarah Hindu Kuno di Sleman Yogyakarta

Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta -Sumber : Akun Instagram @jogjaeksplore-

BENGKULUEKSPRESS.COM  - Jika kamu bertandang ke Yogjakarta tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Destinasi wisata sejarah yang melegenda yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar dan termegah yang dibangun pada Jawa Kuno.

Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi ini dibangun pada abad kesembilan Masehi di daerah Sleman, Yogyakarta.Saat ini, Candi Prambanan juga menjadi tujuan wisara turis lokal dan mancanegara. Candi Prambanan memiliki legenda yang terkenal yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Legenda ini merupakan salah satu legenda yang terkenal di Indonesia.

 Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi Prambanan dibangun pada abad kesembilan masehi.

BACA JUGA:Kekayaan Alam Raja Ampat, Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti tiga dewa utama dalam ajaran Hindu yaitu Brahma sebagai pencipta, Wisnu sebagai pemelihara, dan Siwa sebagai pemusnah dan pencipta kembali.

Berdasarkan prasasti Siwagrha, nama asli komplek Candi Prambanan adalah Siwagrha atau rumah Siwa. Nama ini sejalan dengan penempatan arca Siwa di ruang utama candi.

Arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter menunjukkan Candi Prambanan lebih diutamakan untuk Siwa. Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun sekitar tahun 856 masehi oleh Rakai Pikatan.

Candi ini terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, masa kerajaan Medang Mataram. Nama Candi Prambanan berasal dari desa tempat candi ini berdiri.


Akun Instagram @jogjaviral-foto:istimewa-

Diduga prambanan merupakan perubahan dialek bahasa Jawa dari istilah teologi Hindu yaitu Para Brahman. Kata Para Brahman memiliki makna yaitu Brahman atau realitas abadi tertinggi dan teragung yang tidak dapat digambarkan.

Untuk menuju Candi Prambanan, kamu perlu menempuh jarak 16,3 km dari pusat kota Yogyakarta. Jarak tersebut dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dikutip dari situs Indonesiatravel. Id Candi Prambanan mulai beroperasi dari 07.00 sampai pukul 17.30 WIB. Loket dan pintu gerbang ditutup lebih awal dari jam operasional. Pada pukul 18.00 area candi Prambanan sudah dikosongkan.

BACA JUGA:Pesona Indahnya Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pantai dengan Jajaran Batu Karang yang Eksotis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: