Buat Orangtua, Ini Dia Permainan Anak yang Mendidik dan Menyenangkan

Buat Orangtua, Ini Dia Permainan Anak yang Mendidik dan Menyenangkan

Menyusun puzzle bisa menstimulasi otak, melatih konsentrasi, dan merangsang saraf Si Kecil--

8. Game menyortir
Jika anak suka memainkan game menyortir di gadgetnya, ibu bisa mengalihkannya ke permainan yang sesungguhnya. Permainan ini amat bagus untuk penalaran logisnya.

Ibu bisa meminta anak untuk mengurutkan daftar hewan atau benda yang sama dengan atribut yang berbeda. Misalnya berdasarkan ukuran, warna, geometri, bentuk, dan lainnya. Atau, bisa juga mengelompokkan hewan berdasarkan habitat, kebiasaan makan, struktur tubuh, mekanisme reproduksi dan lain-lain.

Bisa dibilang, ini adalah kegiatan bermain dan belajar. Anak mungkin merasa sedang bermain. Secara tidak sadar, dirinya juga sedang mempelajari perbedaan dan persamaan di berbagai kelompok.

BACA JUGA:Begini Cara Mengecek Izin OJK untuk Ketahui Legalitas Lembaga Keuangan

9. Memecahkan teka-teki
Permainan yang satu ini juga sangat mendidik anak karena bisa mengasah neuron-neuron di otaknya. Ayah dan ibu bahkan bisa bermain bersamanya. Beberapa contoh ide permainan teka-teki adalah jig-saw, tic-tac-toe, teka-teki silang, labirin, dan lainnya.

Di sini mereka bisa merumuskan strateginya sendiri untuk memecahkan teka-teki. Namun, kegiatan ini juga bisa membuatnya frustrasi apabila teka-tekinya sulit terpecahkan. Nah, di sinilah peran dari ayah dan juga ibu sangat dibutuhkan.

10. Game tebak-tebakan
Tebak-tebakan juga bisa menjadi permainan anak yang seru. Selain seru, permainan ini juga bisa mengasah kemampuan penalaran anak. Contohnya, ibu bisa mengajaknya bermain tebak-tebakan hewan.

Ibu bisa memberikan petunjuk karakter fisik, warna bulu, atau bentuk anatomi hewan lainnya. Kemudian Si Kecil mulai menebak-nebak sampai ia menemukan jawaban yang paling tepat. Permainan ini sangat mendidik dan sederhana. Ibu tidak butuh peralatan apapun dan bisa dilakukan kapan saja.

BACA JUGA:Ketika Mimpi Buruk, Amalkan Doa Berikut Ini

11. Bermain teater boneka
Bermain teater boneka tidak hanya akan mengembangkan keterampilan imajinasi, kreativitas, dan bahasa anak, tetapi juga membantu dalam mengungkapkan perasaan dan bermain peran. Ingatlah untuk memberikan pujian dan dukungan kepada anak atas partisipasinya dalam pertunjukan teater boneka.

12. Bermain musik
Berikan anak beberapa alat musik sederhana, seperti marakas, gitar kecil, atau drum mainan. Ajak anak untuk bermain musik bersama. Hal ini akan mengembangkan kreativitas dan apresiasi musik mereka. Sembari bermain bersama anak, orang tua dapat memperkuat ikatan emosional, merangsang perkembangan kognitif dan motorik mereka, serta menciptakan kenangan yang berharga.

BACA JUGA:Tekan Inflasi Daerah, Wagub Rosjonsyah: Perlu Kolaborasi Semua Pihak

13.  Permainan olahraga
Ajak anak bermain olahraga ringan seperti bola basket mini, bola voli pantai, atau kejar-kejaran. Aktivitas ini akan membantu anak untuk bergerak aktif dan meningkatkan keterampilan motoriknya. Beberapa contoh permainan olahraga sederhana adalah melempar bola kasti, sepak bola mini, ataupun lompat tali.Itulah berbagai permainan anak yang seru dan pastinya mendidik. Pensaran mau mencoba?(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: