Pantai Tanjung Tinggi di Kepulauan Bangka Belitung, Wisata Populer Diapit 2 Semenanjung

Pantai Tanjung Tinggi di Kepulauan Bangka Belitung, Wisata Populer Diapit 2 Semenanjung

Pantai Tanjung Tinggi di Kepulauan Bangka Belitung, Wisata Populer Diapit 2 Semenanjung -Sumber : @lala29_nas-

Setelah itu kita akan menjumpai lapisan lamun yang didominasi oleh jenis Cymadocea, ditemukan pula jenis Thalassia dan jenis lamun Halophilla namun jumlahnya sangat sedikit.Terlihat lapisan makroalga yang didominasi oleh Padina dan Sargasum. Kadang dijumpai pula jenis makroalga Tubinaria. 

Semakin kearah tengah dan perairan lebih dalam, kita baru menjumpai karang massif kemudian baru diikuti oleh jenis terumbu karang lainnya. Ketika melihat karang di kawasan pantai ini, kita akan langsung mengerti bahwa sebenarnya terumbu karang di pantai ini kondisinya tidak sehat. Hal ini karena karang tersebut terbuka atau kering saat air laut surut rendah.

Hal ini dapat dilihat pada lapisan karang bagian paling dekat dengan permukaan tampak mati dan kemudian tertutup oleh makroalga dan mikroalga. Kecuali pada bagian yang lebih dalam, kondisi karangnya lebih baik dan beragam.


-Sumber : Akun Instagram @indoflashlight-

Namun, lapisan terumbu karang dipantai ini tidak panjang dan luas sehingga karang yang terlihat hanya sedikit. Tampak terdapat karang Acropora branching, karang Acropora tumbulate, foliose, mushroom dan karang massif. Selain itu ditemui pula jenis akar bahar dan softcoral namun jumlahnya sangat sedikit.

Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung, seperti snorkeling, bermain kano atau perahu karet, jetski, diving, berfoto di antara batu granit, dan melihat matahari terbenam. Pengunjung juga dapat duduk-dududk di atas batu granit yang terdapat di panai sambil memandang keindahan pantai. 

Pantai Tanjung Tinggi juga menyediakan sejumlah fasilitas wisata, seperti area parkir, tempat makan, penginapan, kamar mandi umum, dan wahana permainan air. Penginapan di sekitar Pantai Tanjung Tinggi dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per malam. 

Bagi kamu yang ingin liburan ke Bangka Belitung jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini Pantai Tanjung Tinggi karena di pantai ini kalian akan merasakan liburan dengan kesan yang berbeda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: