Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun pegagan--

Penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

Hal ini lagi-lagi terkiat dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun pegagan tersebut adalah meredakan kecemasan dan stres.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun pegagan yang satu ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Secara tradisional pegagan telah lama digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid berperan untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

BACA JUGA:7 Manfaat dari Sholat Tahajud, Salah Satunya Menjaga Kecantikan dan Ketampanan

BACA JUGA:Bahayakah Suntik Kromosom untuk Kecantikan? Pahami, Begini Penjelasannya

Penelitian terbaru yang dilakukan pada April 2018 mengamati manfaat pegagan untuk mengurangi jaringan parut setelah operasi. Hasilnya, pasien yang minum ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Bahkan, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, seorang pasien yang mengalami luka bakar dan langsung mengoleskan salep ekstrak daun Centella asiatica atau pegagan pada daerah yang terluka mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Salep herbal ini juga membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

4. Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark

Sebuah studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada, senyawa tersebut juga membantu mencegah kemunculan stretch marks yang baru.

5. Mencegah Penuaan Dini 

BACA JUGA:Selain untuk Kecantikan, Jeruk Nipis Bagus untuk Promil

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu manfaat daun pegagan adalah mampu menghambat penuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: