Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun pegagan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun pegagan atau Centella asiatica adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. 

Daun pegagan untuk kesehatan, bisa mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, daun pegagan ini juga berkhasiat baik untuk kecantikan. 

Daun pegagan dapat mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat. Beberapa manfaatnya telah terbukti secara ilmiah membantu mengobati penyakit tertentu. Kamu bisa menggunakan daun herbal ini sebagai alternatif pengobatan.

BACA JUGA:Bermanfaat Untuk Kecantikan, Berikut Khasiat Mengkudu Untuk Kulit Dan Rambut

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Wajah yang Wajib Kamu Tahu!

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan menarik banyak ahli menelitinya lebih lanjut. Namun, penting untuk diingat bahwa meski alami, obat herbal tidaklah selalu aman. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut manfaat daun pegagan dirangkum dari berbagai sumber  

1. Melancarkan Aliran Darah 

Manfaat daun pegagan dalam melancarkan aliran darah ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Dan Kulit

BACA JUGA:Kaya Manfaat, Berikut Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena.

Sebuah jurnal tinjauan sistematis menemukan bahwa Centella asiatica membantu mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluhan kaki yang terasa berat diketahui dapat berkurang akibat penggunaan tanaman herbal ini.

2. Meredakan Kecemasan dan Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: