Daya Tarik Pulau Tikus Sebagai Destinasi Wisata Bengkulu, Nikmati Sunset dan Berenang Bersama Ikan Nemo

Daya Tarik Pulau Tikus Sebagai Destinasi Wisata Bengkulu, Nikmati Sunset dan Berenang Bersama Ikan Nemo

Snorkling di Pulau Tikus-Sumber foto : Akun Instagram @wisatapulautikus_3putra-

Pemandangan dipulau tikus benar benar akan memanjakan para pengunjung dengan sambutan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih serta gugusan terumbu karang yang cantik. Selain itu area sekitar Pulau Tikus juga dihuni oleh sejumlah satwa laut.

Yang paling dikenal adalah ikan nemo atau ikan badut. Ikan yang punya kulit berwarna-warni dan indah ini bisa kamu temukan saat berenang di sekitar gugusan terumbu karang. Sejumlah pengunjung biasanya mengabadikan momen snorkeling mereka bersama ikan nemo tersebut.

Sayangnya, penangkapan ikan yang kurang memperhatikan kelestarian alam sempat membuat ekosistem laut sekitar Pulau Tikus terancam. Namun, sejak 2015, terdapat komunitas diving yang berusaha menjaga kelestarian alam di sekitar Pulau Tikus. Salah satunya, melakukan transplantasi terumbu karang di laut sekitar Pulau Tikus.

Hal ini dilakukan karena kelestarian alam di lokasi wisata harus tetap dirawat. Kamu bisa mengobrol dengan komunitas tersebut saat berkunjung ke sana. Mungkin mendapatkan edukasi soal pentingnya menjaga ekosistem, terutama ekosistem laut.


Snorkling di Pulau Tikus-Sumber foto : Akun Instagram @wisatapulautikus_3putra-

Hal unik lagi dari Pulau Tikus adalah keberadaan menara suar. Mulanya, jumlah menara suar di Pulau Tikus lebih dari tiga, namun saat pulaunya menyusut, menara suar ini tinggal sedikit. Dengan ijin dari penjagnya, kamu bisa naik ke menara suar dan berfoto dari ketinggian. Tentu kamu harus berhati-hati saat sedang naik, ya.

Menara suarnya terletak di tengah pulau, dan kamu akan mendapatkan pemandangan menarik saat berfoto dari atas sana. Untuk beristirahat, kamu bisa duduk di bawah rindang pohon nyiur sambil mengobrol bersama teman atau keluarga.

BACA JUGA:Arjasari Rock Hill Wisata Viral Bandung Vibes Kekinian

Menariknya, pada momen tertentu, kamu bisa menggelar tenda sendiri dan menginap di Pulau Tikus. Tentu setelah kamu mendapatkan ijin dari penjaga menara suara setempat, ya.

Kalau kamu ingin menikmati nuansa indah Pulau Tikus dengan vibes camping atau piknik, mungkin harus menyiapkan bekal dari rumah, karena di Pulau Tikus tidak  ada warung atau toko yang menjual camilan. Kamu bisa membeli sejumlah makanan di Kota Bengkulu sebelum menyeberang ke Pulau Tikus.

Oh ya, di Pulau Tikus tidak tersedia penginapan karena areanya yang relatif kecil dan tidak cocok untuk pemukiman. Satu-satunya tempat tinggal hanya tempat yang digunakan menara suara atau kamu bisa membawa tenda untuk menginap. Tapi untuk kamu yang merupakan pengunjung dari luar kota yang ingin mencari penginapan, kamu bisa mencarinya di sekitar Kota Bengkulu. Pilihan penginapannya amat melimpah.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: