Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Apa yang harus dilakukan jika skin barrier rusak? Pada dasarnya, skin barrier yang rusak dapat ditangani dengan menjaga kesehatan kulit dan melakukan perawatan mandiri secara rutin, seperti :

1. Menghentikan Eksfoliasi Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang penting dilakukan untuk mengatasi skin barrier rusak adalah menghentikan prosedur eksfoliasi kulit terlebih dahulu untuk mencegah iritasi menjadi semakin parah. 

Selain itu, menghentikan eksfoliasi juga dimaksudkan untuk mempercepat proses pemulihan skin barrier agar dapat kembali berfungsi seperti semula.

BACA JUGA:Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Redakan Kecemasan!

Umumnya, pemulihan skin barrier yang rusak ini akan berlangsung selama kurang lebih 6 minggu.

2. Menggunakan Tabir Surya

Cara mengatasi skin barrier yang rusak berikutnya adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet cahaya matahari. 

Agar dapat melindungi kulit secara optimal, pilihlah tabir surya yang memiliki SPF minimal 30. Lalu, oleskan tabir surya secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah. Penting pula untuk mengaplikasikan ulang tabir surya secara berkala, yaitu setiap 2–3 jam sekali.

3. Menggunakan Produk Skincare yang Tepat

Sebagai upaya mempercepat proses pemulihan kulit wajah, disarankan untuk memilih produk skincare yang tepat. Pastikan produk skincare yang digunakan bersifat lembut dan memiliki kadar pH yang sama dengan pH kulit normal yaitu pada rentang 4,7–5,75.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk skincare yang bersifat antiinflamasi dan mampu menjaga kelembapan alami kulit secara optimal untuk memperbaiki fungsi skin barrier, seperti niacinamide, centella asiatica, ceramide, hyaluronic acid, petrolatum, dan sejenisnya.

BACA JUGA:Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Redakan Kecemasan!

4. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Untuk menjaga dan merawat skin barrier secara keseluruhan, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat sebaik mungkin, seperti :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: