Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Tanda skin barrier rusak selanjutnya adalah kulit terlihat lebih kusam, tidak sehat, dan kurang bercahaya. Kerusakan pada skin barrier diketahui dapat menghambat proses regenerasi sel kulit sehingga dapat memengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan.

BACA JUGA:Wajah Kembali Cerah Berseri, Berikut Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

3. Kulit Kasar, Bersisik, dan Mengelupas

Kulit kasar, bersisik, dan mengelupas juga menjadi ciri-ciri skin barrier rusak yang sering terjadi. Ketika skin barrier rusak, kelembapan alami pada lapisan kulit cenderung menurun sehingga dapat menyebabkan kulit terasa kering, kasar, dan bersisik.

4. Muncul Jerawat

Selain menyebabkan kulit kasar dan bersisik, kelembapan kulit yang menurun dan kehilangan kandungan air dalam kulit akibat kerusakan pada skin barrier juga bisa memicu munculnya jerawat. 

Sebab, kulit yang kering justru dapat meningkatkan produksi sebum atau minyak pada kulit secara berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat.

5. Keriput

Salah satu tanda skin barrier rusak yang umum terjadi adalah munculnya garis-garis halus dan keriput. Hal ini dapat terjadi karena skin barrier yang rusak bisa memicu terjadinya penuaan dini. 

Selain itu, skin barrier yang rusak juga dapat menimbulkan hiperpigmentasi yang ditandai dengan munculnya flek atau noda hitam pada kulit.

BACA JUGA:Kenali pH Kulit Wajah Normal, Begini Cara Menjaganya

6. Kulit Rentan Terinfeksi

Pada dasarnya, skin barrier adalah lapisan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari patogen penyebab infeksi, sinar UV, polusi, radikal bebas, dan bahan kimia berbahaya. 

Jika lapisan tersebut rusak, kulit dapat menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap ancaman eksternal. Bahkan, jika tidak segera ditangani dengan tepat, skin barrier yang rusak bisa menyebabkan penyembuhan luka menjadi semakin lambat.

Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: