Jangan Salah dalam Memberi Pakan Ayam Pedaging, Ini Akibatnya

Jangan Salah dalam Memberi Pakan Ayam Pedaging, Ini Akibatnya

Ayam Pedaging-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam usaha peternakan ayam atau industri broiler, sebagian besar investasi dan biaya operasional kandang dialokasikan untuk pembelian pakan.

Tingginya pengeluaran dalam pengadaan pakan mendorong peternak dan pelaku usaha dalam industri pemotongan ayam (broiler) untuk mencari metode yang efisien dalam mengatur konsumsi pakan, sehingga tidak ada pemborosan yang terjadi.

Para peternak umumnya sering melakukan kesalahan dalam pemberian pakan ayam broiler. Beberapa kesalahan pemberian pakan yakni:

BACA JUGA:Gunakan 4 Pakan Ini Agar Ayam Cepat Bertelur

BACA JUGA:Cara Membuat Pakan Ayam Petelur, Simak Selengkapnya

1. Terlalu Banyak

Memberikan pakan dalam jumlah yang berlebihan tidak menjamin bahwa ayam pedaging (broiler) akan tumbuh dengan baik dan memiliki kesehatan yang optimal.

Sebaliknya, memberikan pakan berlebihan dapat berdampak negatif pada operasional kandang, karena menyebabkan sisa pakan yang terbuang dan menjadi pemborosan.

Pakan yang terbuang akan meningkatkan pengeluaran operasional kandang secara signifikan.

Oleh karena itu, lebih bijaksana untuk memberikan pakan dalam jumlah yang lebih sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering

2. Jadwal Tidak Teratur

Seperti manusia, ayam juga memiliki jadwal makan yang perlu diperhatikan.

Memberikan pakan secara teratur membantu menjaga nafsu makan ayam, sehingga konsumsi pakan cenderung stabil dan berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan mereka yang menjadi lebih cepat.

Ayam yang memiliki nafsu makan stabil cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan pertumbuhan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: