Radang Amandel Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Radang Amandel Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Radang amandel pada anak -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

1. Mengonsumsi Makanan Bertekstur Lembut

Anak yang sedang mengidap radang amandel disarankan untuk beristirahat secara maksimal hingga keadaannya membaik. Selain itu, kondisi tenggorokan yang nyeri untuk menelan sering kali membuat anak tidak nafsu makan. Untuk mengatasinya, berikan anak makanan lembut, seperti bubur, sup, dan makanan berkuah lainnya.

2. Minum Air Hangat

Rasa tidak nyaman akibat radang amandel pada anak bisa diredakan dengan minum air putih hangat atau teh hangat. Apabila anak sudah berusia di atas satu tahun, tambahkan madu sebagai campuran air hangat. Pasalnya, madu memiliki sifat antiradang sehingga bisa membantu penyembuhan radang amandel.

3. Memperbaiki Kualitas Udara

Cara mengobati radang amandel pada anak kecil juga bisa dilakukan dengan memperbaiki kualitas udara di rumah. Anak yang menderita radang amandel perlu dijauhkan dari paparan polusi, seperti debu, asap kendaraan, maupun asap rokok. Bila perlu, gunakan humidifier untuk membersihkan udara serta menjaga kelembapan udara ruangan di rumah.

BACA JUGA:Batu Amandel, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

4. Kumur Air Garam

Salah satu cara mengatasi radang amandel pada anak secara alami adalah berkumur dengan air garam. Pasalnya, berkumur menggunakan larutan garam dapat membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan, sehingga peradangan perlahan akan membaik.

Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan 1 sdt garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian aduk hingga rata. Arahkan anak untuk berkumur dengan air garam selama beberapa detik.

5. Konsumsi Buah Segar

Beberapa jenis buah yang bisa membantu mengatasi radang amandel pada anak adalah stroberi, tomat, alpukat, anggur, dan jeruk. Pasalnya, buah-buahan tersebut memiliki kandungan antiradang yang tinggi, sehingga bisa meredakan peradangan. Cobalah mengolah buah-buahan tersebut menjadi jus tanpa es atau smoothies yang segar agar si kecil lahap mengonsumsinya.

6. Konsumsi Air Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit adalah tanaman herbal yang diketahui mengandung antiradang tinggi. Untuk mempercepat pemulihan radang amandel, cobalah memberikan air rebusan jahe dan kunyit dengan campuran madu secara rutin.

7. Berkonsultasi dengan Dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: