Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel

Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel

Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

- Sepsis.

BACA JUGA:Berapa Sih Lama Penderita Lupus Bisa Bertahan Hidup?

Pengobatan Abses Peritonsil

Pengobatan abses peritonsil bertujuan untuk mengeluarkan nanah, mengendalikan gejala, serta menghindari risiko terjadinya komplikasi. 

Adapun sejumlah tindakan medis yang dapat dilakukan dokter untuk menangani abses peritonsil adalah pemberian obat-obatan, drainase abses peritonsil, serta tonsilektomi. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Pemberian Obat-obatan

Apabila penderita abses peritonsil mengeluhkan kesulitan menelan, dokter dapat memberikan nutrisi dan cairan melalui infus. Dokter juga dapat memberikan obat analgesik untuk membantu meredakan nyeri. 

Selain itu, obat antibiotik juga dapat diresepkan untuk penderita abses peritonsil untuk membantu mengatasi infeksi bakteri di dalam tubuh. 

Penting untuk diperhatikan bahwa obat antibiotik harus diminum sampai habis sesuai resep dari dokter guna mencegah kekambuhan infeksi dan resistensi bakteri terhadap obat.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Perbedaan Flu dengan Pilek

2. Drainase Abses Peritonsil

Drainase abses peritonsil adalah prosedur medis yang dilakukan dengan membuat sayatan atau tusukan menggunakan jarum khusus (insisi) untuk membuka abses dan mengeluarkan nanah (drainase).

3. Tonsilektomi

Tonsilektomi adalah tindakan pembedahan yang dilakukan untuk memotong atau mengangkat amandel yang bermasalah. Tonsilektomi dapat dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu cold knife (steel) surgery, coblation (radiofrequency ablation), electrocautery (diathermy), atau menggunakan sinar laser dan gelombang suara.

Tindakan tonsilektomi ini biasanya dilakukan apabila abses peritonsil terjadi secara berulang atau sering kambuh walau telah diberikan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: