Batasi, Makanan dan Minuman Ini Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Batasi, Makanan dan Minuman Ini Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Sambal salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita usus buntu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain itu, konsumsi garam berlebihan juga turut mengganggu fungsi ginjal serta meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

3. Makanan Rendah Serat

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko radang usus buntu adalah konsumsi makanan rendah serat karena turut menyebabkan feses mengeras dan memicu sembelit. 

Kondisi tersebut bisa menimbulkan penyumbatan pada saluran cerna dan memicu terjadinya radang usus buntu.

Sebagai upaya meminimalkan risiko radang usus buntu, ada baiknya untuk menjalani gaya hidup sehat serta mengonsumsi makanan tinggi serat secara rutin, seperti buah, sayur, ubi jalar, dan oatmeal.

BACA JUGA: Sendi Sering Bermasalah, Coba Terapi Arthroplasty

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga termasuk makanan penyebab radang usus buntu karena kandungan lemaknya yang tinggi dapat memicu sembelit yang menjadi faktor risiko apendisitis. 

Bahkan, konsumsi makanan cepat saji yang tidak dibatasi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas hingga penyakit jantung koroner.

5. Makanan Yang Sulit Dihancurkan

Seperti yang telah diketahui, penyebab utama terjadinya radang usus buntu adalah penyumbatan pada usus buntu. 

Terdapat dugaan bahwa penyumbatan usus buntu ini bisa dipicu oleh konsumsi makanan yang tidak dapat hancur dengan mudah dalam saluran pencernaan, seperti biji pada buah anggur, jambu biji, dan jeruk, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Kendati demikian, bukan berarti konsumsi buah-buahan tersebut tidak diperbolehkan. Anda tetap bisa mengonsumsi buah-buahan dengan menyisihkan bijinya terlebih dahulu guna meminimalkan risiko radang usus buntu.

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Menghilangkan Kutil di Leher dengan Cepat

6. Minuman Beralkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: