Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Radang Usus Buntu

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Radang Usus Buntu

Kenali penyebab, gejala dan cara mengobati radang usus buntu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apendisitis atau penyakit radang usus buntu adalah gangguan peradangan pada apendiks (usus buntu), yaitu salah satu organ tubuh yang tersambung ke usus besar. 

Gejala umum pada penderita radang usus buntu biasanya nyeri pada bagian perut kanan bawah.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, remaja dan dewasa. Namun, seringkali dialami oleh rentang usia 10-30 tahun. 

Apa itu Radang Usus Buntu?

Apendisitis atau radang usus buntu adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya peradangan pada usus buntu (apendiks). 

Usus buntu (apendiks) sendiri merupakan organ berbentuk kantong yang terhubung ke usus besar dari sisi kanan bawah perut.

BACA JUGA:Bantu Pemulihan, Konsumsi Makanan Ini Setelah Operasi Usus Buntu

Fungsi usus buntu sendiri yaitu mendukung tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak.

Oleh sebab itu, sering kali kondisi ini terjadi pada orang berusia 10 sampai 30 tahun, meski begitu siapa pun bisa mengalaminya. 

Apabila tidak dilakukan penanganan yang tepat dan cepat, maka penyakit usus buntu dapat berkembang lebih parah dan menyebabkan organ ini pecah serta terjadinya radang selaput perut (peritonitis).

Penyebab Radang Usus Buntu

Penyakit ini terjadi akibat adanya sumbatan saluran usus buntu oleh infeksi di rongga usus buntu, sehingga menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat dan menimbulkan peradangan, pembengkakan hingga nanah pada usus buntu. 

Pembengkakan dapat menghambat aliran darah pada bagian usus buntu menyebabkan kematian jaringan yang diikuti oleh pembentukan lubang pada dinding usus buntu.

BACA JUGA:Efek Samping Mungkin Terjadi Setelah Operasi Usus Buntu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: