Sering Susah Tidur atau Insomnia, Amalkan Doa yang Diajarkan Rasulullah Berikut

Sering Susah Tidur atau Insomnia, Amalkan Doa yang Diajarkan Rasulullah Berikut

amalan doa--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia, ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang bisa dibaca atau dicoba sebagai upaya untuk meredakan masalah tidur.

Kesulitan tidur atau insomnia bukanlah masalah yang hanya dialami oleh masyarakat modern saat ini. Masalah tidur telah ada sepanjang sejarah manusia.

Ribuan tahun yang lalu, pada masa Rasulullah SAW, terdapat riwayat yang menceritakan bahwa seorang sahabat bernama Zaid bin Tsabit pernah mengeluh kepada Nabi Muhammad SAW bahwa ia mengalami kesulitan tidur.

BACA JUGA:Saat Angin Kencang, Amalkan Doa Berikut Agar Terhindar dari Bahaya

BACA JUGA:InsyaAllah Jalan Rezeki Lancar, Amalkan 3 Doa Mustajab Berikut

Kisah tersebut dapat ditemukan dalam kitab "al-Adzkar" yang ditulis oleh Imam an-Nawawi (w 676 H). "al-Adzkar" adalah sebuah kitab yang berisi berbagai doa dan dzikir.

Imam an-Nawawi memberi judul riwayat tersebut sebagai "Bab Doa yang Dibaca Ketika Seseorang Merasa Gelisah Ketika Sudah di Ranjang Namun Tidak Kunjung Tidur."

Pada saat itu, sahabat Zaid bin Tsabit berkata 

"Aku mengeluh kepada Rasulullah SAW mengenai insomnia yang menyerangku. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, bacalah ini:

اللَّهُمَّ غارَتِ النُّجومُ، وهَدأَتِ العُيونُ، وأنت حَيٌّ قيُّومٌ للا تأْخُذُك سِنةٌ ولا نومٌ، يا حَيُّ يا قيُّومُ، أهْدِئْ لَيْلِي، وأنِمْ عَيني

(Allohumma ghoorotin nujuumu wa hadaatil ‘uyuunu, wa anta hayyun qayyumun laa ta’khudzuka sinatun wa laa namun, yaa hayyu ya qayyum ahdi’ layli, wa anim ‘ainii)Artinya:

"Ya Allah, bintang gemintang telah merebahkan dirinya, kebanyakan mata telah beristirahat. Sedang Engkau Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Engkau tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Wahai Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), istirahatkanlah malamku, dan pejamkan (tidurkan) mataku,".

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar dan Berkah, Amalkan Doa Berikut Sebelum Bekerja

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar, Amalkan 4 Doa Berikut Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: