Tak Perlu Skincare Mahal, Begini Cara Cerahkan Kulit Alami, Mudah dan Efektif

Tak Perlu Skincare Mahal, Begini Cara Cerahkan Kulit Alami, Mudah dan Efektif

Tips merawat wajah tanpa skincare mahal-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selanjutnya, cara mencerahkan kulit wajah secara alami adalah dengan membersihkan wajah secara rutin setelah beraktivitas di luar rumah atau setidaknya 2 kali sehari, yakni di pagi dan malam hari.

Membersihkan wajah secara rutin akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit yang dapat menyebabkan wajah kusam hingga berjerawat. 

Usahakan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, gunakan pembersih wajah yang terdapat kandungan melembapkan apabila Anda memiliki jenis kulit kering.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara mencerahkan wajah secara alami juga bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Apabila tubuh mendapatkan cairan yang cukup, maka kolagen dan kelembapan pada kulit pun akan terjaga.

BACA JUGA:Begini Cara Perawatan Wajah Pria agar Tetap Bersih dan Sehat

4. Rutin Olahraga

Olahraga menjadi salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh, tak terkecuali membuat kulit kembali bercahaya.

Olahraga dikatakan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit secara alami karena dapat meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah.

Dengan begitu, jaringan kulit akan menerima asupan nutrisi dan oksigen dengan baik dan membuat kulit menjadi lebih cerah sekaligus sehat.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Apabila Anda ingin kulit terawat dengan baik, maka usahakan untuk mengurangi asupan makanan olahan dan makanan asin. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan risiko pembengkakan jaringan melalui retensi cairan sehingga menghambat refleksi cahaya alami kulit.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C juga bisa menjadi salah satu tips mencerahkan kulit secara alami yang cukup efektif. Manfaat vitamin C bagi kulit di antaranya membantu mencegah kerusakan kulit, menunda penuaan diri, mengurangi keriput, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Beberapa contoh asupan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk, kiwi, stroberi, dan jambu biji.

6. Tidur Yang Cukup

Mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti begadang, juga bisa membantu Anda dalam memperoleh kulit yang sehat dan cerah. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari guna membantu pembentukan kolagen. Tidur yang cukup juga dapat melancarkan aliran darah, sehingga kulit akan mendapatkan nutrisi dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: