Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, inilah komponen tangki BBM yang perlu diketahui -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

4. Separator

Tangki bensin mobil dilengkapi  dua separator yang tergantung pada atap tangki bensin. Selain berfungsi sebagai dinding penampung kotoran pada cairan bensin, komponen ini bertugas mendistribusikan bensin secara rata pada tiap ruang tangki ketika mobil berada posisi miring.

Tanpa adanya separator, apabila mobil pada posisi terguncang atau miring ke samping kanan-kiri, cairan bensin biasanya akan berada di posisi kemiringan dan menyisakan ruang kosong pada pompa bensin. Akibatnya, pompa bensin tidak bisa mengalirkan cairan bahan bakar ke seluruh mesin sehingga berakhir mogok.

5. Fuel Sub Tank

Fungsi dari fuel sub tank adalah menampung cairan bensin agar bisa terpompa dengan baik ke seluruh mesin. Komponen tangki bahan bakar mobil ini berguna apabila kamu lupa mengisi bensin atau ketika mobil berada di posisi jalan yang cukup curam sehingga posisi cairan berada di sisi-sisi yang miring.

Berkat fuel sub tank, cairan bensin di dalam tangki tetap terjaga sehingga pompa bensin bisa menyerap cairan yang ada di dalamnya. Jika tidak ada fuel sub tank, pompa bensin tidak bisa memompa cairan bensin sehingga mengakibatkan mobil mogok.

6. Saringan Bensin

Tangki bensin yang sudah berumur atau tidak terawat biasanya membawa residu yang bercampur dengan cairan bensin. 

Fungsi dari fuel strainer adalah sebagai penyaring partikel-partikel kecil yang bercampur pada cairan bensin yang akan masuk ke dalam pompa bensin. Dengan adanya komponen tangki bahan bakar mobil, partikel kecil ini tidak dapat masuk ke dalam ruang mesin.

7. Drain Plug

Terletak pada bagian bawah tangki mobil, drain plug merupakan saluran penguras cairan bahan bakar yang ada pada tangki bensin. Selain kondensasi, biasanya tangki bensin meninggalkan residu atau partikel kecil yang sering kali bercampur pada cairan bensin. Agar tangki bensin tetap terjaga pada kemurniannya, drain plug akan menguras cairan bensin yang ada di dalam ke luar ruang tangki.

8. Pompa Bensin 

Pompa bensin (fuel pump) bisa dibilang jantung dari sebuah tangki bensin. Tanpa komponen tangki bensin mobil ini, cairan bensin akan sulit mengalir ke dalam ruang pembakaran mesin.

Selain itu, bagian mobil ini juga berfungsi sebagai penjaga tekanan cairan di dalam selang bensin yang terhubung langsung ke ruang bakar ketika mobil dalam keadaan mati. Untuk merawat pompa bensin, gunakan bahan bakar yang sesuai dan kuras tangki secara teratur. 

9. Evaporative Canister

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: