Kenapa Posisi Tutup Tangki Mobil Berbeda-beda? Ini Penjelasannya

Kenapa Posisi Tutup Tangki Mobil Berbeda-beda? Ini Penjelasannya

Kenapa posisi tutup tanki mobil berbeda-beda? Ini penjelasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seperti diketahui, posisi pintu atau tutup tangki BBM mobil biasanya dibuat tidak seragam, beberapa ada di bagian kanan dan lainnya di sisi kiri. 

Malah satu merek mobil yang sama pun, posisi tutup tanki bahan bakarnya ada yang berbeda.

Pada dasarnya, memang tidak ada aturan pasti tentang di mana seharusnya pintu tangki bahan bakar mobil ditempatkan. Pabrikan memiliki kebebasan untuk menentukan posisinya sesuai dengan kemudahan dan pertimbangan mereka.

Ini semua semata terkait dengan desain mobil. Karena setiap mobil memiliki desain dan rancang bangun yang berbeda-beda, maka penempatan tangki bahan bakar pun disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

BACA JUGA:Tangki Bensin Sering Sekarat, Ini Dampak Buruknya

Karena itulah kemudian muncul posisi pintu tangki bahan bakar di kanan dan kiri mobil.

"Penempatan pintu bahan bakar terutama merupakan faktor desain tangki bahan bakar, lokasi, dan kemasan bagian bawah bodi mobil," ujar Steve Yaeger salah seorang mekanik Nissan, dikutip Readers's Digest.

Hal senada juga disampaikan juru bicara Ford, Mark Schrirmer. Dikatakannya, mekanik memiliki fleksibilitas untuk menempatkan pintu bahan bakar di sisi mobil yang menurutnya lebih praktis berdasarkan faktor-faktor yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sejatinya tidak ada pakem yang jelas untuk hal ini. Hanya ada ketentuan yang mengatur bahwa posisi tangki harus berada di bagian terluas dari mobil, jauh dari crumple zone dan tidak menyebabkan bensin menetes pada knalpot.

Peraturan tersebut tidak memberi rincian secara jelas apakah tangki bensin seharusnya berada pada sisi kanan atau sisi kiri mobil. Sehingga, pada akhirnya keputusannya ditentukan berdasarkan kultur negara dan kebijakan mekanik atau insinyur perancang kendaraan.

BACA JUGA:Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Misalnya di Jepang, karena aturan berkendara berada di kiri dan pengemudi menyetir di bagian kiri mobil sehingga kebanyakan pabrikan memposisikan tutup tangki bensin di badan kiri kendaraan. Serupa dengan Jepang, Amerika juga memposisikan tutup tangki bensin di sisi kiri mobil dengan alasan mendekatkan mobil ke dispenser di pom bensin.

Berbeda preferensi dengan Jepang dan Amerika, negara-negara seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, dan India lebih memilih menempatkan pintu bahan bakar di sisi kanan, meskipun mereka mengemudi di sisi kiri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: