Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, inilah komponen tangki BBM yang perlu diketahui -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Meski bukan bagian langsung dari tangki bahan bakar mobil, evaporative canister atau charcoal canister bertugas sebagai tempat sementara bagi uap bensin. Seperti yang kamu tahu, bensin lama kelamaan akan menguap yang jika dikeluarkan langsung cukup berbahaya bagi lingkungan maupun kesehatan.

Untuk mencegah uap bahan bakar keluar, uap tersebut nantinya disalurkan melalui saluran canister ke ruang bakar. Ketika mesin mobil dinyalakan, uap akan mengalami pembakaran.

10. Selang Sirkulasi Udara 

Berada di atas bagian tangki, selang sirkulasi udara berfungsi sebagai saluran sirkulasi udara yang terjebak di dalam tangki bensin. Selain itu, komponen tangki bahan bakar mobil ini bisa mengurangi kadar udara berlebih di tangki yang bisa berkondensasi menjadi air dan berpotensi merusak dinding tangki.

11. Main Fuel Line

Seperti namanya, main fuel line merupakan penghubung utama yang berfungsi menyalurkan bahan bakar ke filter, fuel pump, lalu ke ruang pembakaran atau karburator.

12. Fuel Return Line

Berbeda dengan main fuel line, fuel return line berfungsi sebagai jalur bahan bakar dari fuel pressure regulator ke tangki bensin. Fuel pressure regulator sendiri berfungsi sebagai pengatur tekanan bensin. Bensin yang ada di fuel pressure regulator ini nantinya dikembalikan ke dalam tangki melalui fuel return line.

13. Fuel Gauge Sender Unit

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, dari mana asal informasi jumlah bensin yang ada di panel dashboard mobil? Jawabannya adalah melalui fuel gauge sender unit yang terletak di bagian atas tangki. 

Fuel gauge sender unit nantinya akan mengirimkan informasi terkait level indikator bensin pada mobil dengan cara mengukur tingkat ketinggian bahan bakar yang tersisa dalam tangki bensin.

Itulah penjelasan lengkap tentang komponen tangki bahan bakar mobil. Dengan mengetahuinya, setidaknya kamu sudah memiliki bekal untuk menginspeksi bagian penting mobil ini apabila hendak membeli mobil bekas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: