Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

Ada berbagai cara mendapatkan manfaat timun untuk wajah, seperti menjadikannya toner, face spray, dan masker.--

5. Mengempiskan pembengkakan di wajah

Akibat adanya cairan yang tertahan di wajah dan tidak bisa mengalir, wajah menjadi bengkak terutama di area mata. Manfaat timun untuk wajah yang bengkak adalah mengempiskannya, karena kandungan Vitamin C dan caffeic acid di dalamnya membantu mengurangi jumlah air yang tertahan di wajah sehingga bengkak berkurang.

6. Melawan tanda-tanda penuaan

Kandungan folic acid dan caffeic acid dari timun dapat menstimulasi terbentuknya kolagen yang dapat membantu menjaga kulit wajah tetap kencang. Kulit akan terhindari dari tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kulit kendur. 

BACA JUGA:Cukup Duduk di Sofa, Begini Cara Mudah Bayar Tagihan IndiHome Lewat LinkAja

7. Membantu mencerahkan kulit

Timun memiliki kandungan antioksidan Vitamin C, flavanoid, dan phenolic acid serta turunannya yang membantu untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. Vitamin C juga dapat membantu memudarkan noda hitam. 

8. Melindungi kulit dengan optimal

Kandungan triterpenes memberi manfaat timun untuk wajah berupa mengoptimalkan perlindungan terhadap kulit, baik dari fungsi skin barrier juga dari imunitas sel-sel kulit, terhadap agresor lingkungan.

BACA JUGA:Mau Kulit Wajah Jadi Kencang dan Mulus? Coba Perawatan HIFU

Menggunakan Timun sebagai Masker Wajah Alami

Ada berbagai cara mendapatkan manfaat timun untuk wajah, seperti menjadikannya toner, face spray, dan masker. Untuk mendapatkan manfaat timun sebagai masker, Anda bisa membuat masker timun dasar, lalu ditambahkan bahan-bahan lain yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya, Anda bisa menambahkan daging lidah buaya untuk membantu menyejukkan kulit setelah terpapar sinar matahari terik, atau menambahkan madu untuk merawat kulit yang berminyak.

Untuk masker timun dasar, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah. Anda harus mencuci dulu timun yang belum sampai bersih. Setelah itu, potong-potong dan masukkan ke dalam blender, proses sampai halus. Setelah selesai, saring jus timun agar bagian yang masih kasar tidak ikut terambil. Saat ingin memakai masker, cukup ambil jus timun lalu oleskan tebal di permukaan kulit. Tunggu sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:Alami Payudara Bengkak dan Nyeri? Begini Cara Mengatasinya

Jika di rumah tidak terdapat blender, Anda bisa menghaluskan timun menggunakan parutan untuk membuat masker timun. Jangan lupa cuci dulu timun sampai bersih baru diparut. Ambil kain bersih, kemudian gunakan kain untuk membungkus hasil parutan timun. Peras hasil parutan timun agar sari cairannya keluar. Hasil perasan itu lah yang Anda gunakan sebagai masker timun. Cara penggunaannya sama masker timun hasil blender. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: