Perlu Tahu! Begini Cara Detoks Wajah dari Kandungan Merkuri

Perlu Tahu! Begini Cara Detoks Wajah dari Kandungan Merkuri

Detox wajah merupakan jenis perawatan dengan membersihkan kulit dari berbagai kotoran yang menempel.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Masyarakat sering kali tidak menyadari bahwa mereka menggunakan produk skincare berbahan merkuri, hingga pada akhirnya muncul sejumlah masalah pada kulit, seperti kulit mengelupas, kulit terasa gatal, dan jerawat yang semakin meradang. Kondisi ini pun perlu segera diatasi untuk menghentikan efek samping dari merkuri tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan detoks wajah.Untuk mengetahui secara lengkap cara detox wajah dari merkuri, mari simak ulasan di bawah ini sampai tuntas.

BACA JUGA:Program Diet Sering Gagal dan Berat Badan Susah Turun? Mungkin Ini Penyebabnya

Merkuri (mercury) atau air raksa (Hg) adalah salah satu jenis logam berbentuk cair pada suhu ruang (25 derajat Celcius). Senyawa ini biasanya dapat ditemukan pada bebatuan, biji tambang, serta tanah, baik dalam bentuk senyawa organik maupun anorganik

Merkuri juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk skincare karena dianggap dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit serta mencerahkan kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan merkuri sebagai bahan dasar kosmetik justru dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) karena berbahaya untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:JMS, Suzuki Tampilkan Mobil Mungil Masa Depan

Pasalnya, kandungan merkuri tersebut dapat terserap ke dalam kelenjar minyak dan keringat di lapisan dalam kulit yang berisiko menimbulkan sejumlah efek samping, seperti:

Ruam kemerahan pada kulit.
Warna kulit tidak merata.
Kulit mengelupas.
Gatal-gatal pada kulit.
Sensasi kebas atau mati rasa pada tangan, kaki, dan sekitar mulut.
Jerawat meradang.
Meningkatnya risiko terkena kanker kulit.

BACA JUGA:Realme GT 5 Pro Segera Meluncur: Kekuatan dan Kecepatan di Genggaman Anda

Selain itu, penggunaan produk skincare berbahan merkuri dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan sistem saraf, kerusakan otak, gangguan sistem imun, gangguan sistem pencernaan, radang paru-paru, hingga gagal ginjal. Bahkan, apabila digunakan oleh ibu hamil, produk skincare berbahan merkuri tersebut bisa mengganggu proses tumbuh kembang janin.
 
Cara Detoks Wajah dari Kandungan Merkuri

Pada kondisi normal, tubuh manusia dapat menyaring zat beracun, termasuk merkuri di dalam tubuh dengan bantuan organ hati dan ginjal yang akan dibuang melalui urine serta feses.Namun, jika kandungan merkuri di dalam darah sudah melebihi 15 ng/mL, kondisi tersebut dapat mengganggu kerja organ hati dan ginjal dalam menyaring zat beracun tersebut di dalam tubuh. Karena itu, penting untuk melakukan detoks merkuri sebagai upaya mencegah risiko gangguan kesehatan.

BACA JUGA:Kolesterol Tinggi, Hindari Konsumsi Makanan Ini

Adapun sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk detoks wajah dari kandungan merkuri adalah sebagai berikut.

1. Menghentikan Penggunaan Produk Perawatan Kulit Berbahan Merkuri
Cara menghilangkan merkuri dari wajah yang pertama adalah dengan menghentikan penggunaan seluruh produk skincare yang mengandung merkuri. Jika ingin membuang produk skincare berbahan merkuri, sebaiknya simpan dalam kemasan plastik tertutup terlebih dahulu, lalu buang pada tempat sampah khusus limbah bahan berbahaya dan beracun (hazardous waste).

Lalu, pastikan untuk memilih produk kosmetik yang aman dan bebas dari kandungan merkuri. Hindari menggunakan produk kosmetik apabila mengandung komposisi bahan-bahan berikut ini. Mercury, Mercuric, Mercurio, Mercurous chloride dan Calomel.

Penting pula untuk memilih produk kosmetik yang sudah terdaftar oleh BPOM RI guna menghindari penggunaan produk skincare berbahan merkuri. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa nomor seri atau kode bilah (barcode) dari BPOM yang tertera pada kemasan produk skincare.

BACA JUGA:Mau Tahu Bentuk Bibir yang Menarik dan Ideal? Ini Tandanya

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat
Seperti yang telah dijelaskan di atas, tubuh dapat membuang merkuri dan zat beracun lainnya secara alami melalui feses. Oleh karenanya, disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan oatmeal, guna melancarkan proses pencernaan serta membantu pergerakan usus dalam mendorong feses untuk dikeluarkan dari tubuh.

3. Memperbanyak Minum Air Putih
Cara detoks wajah dari merkuri berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Pasalnya, memperbanyak minum air putih mampu membantu proses detoksifikasi merkuri di dalam tubuh melalui urine.Pada dasarnya, konsumsi air putih yang disarankan adalah kurang lebih 2 liter per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: