Agar Tak Terjerumus Dalam Perbuatan Riba, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Bagikan 5 Tips Berikut

Agar Tak Terjerumus Dalam Perbuatan Riba, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Bagikan 5 Tips Berikut

Ustadz Syafiq Riza Basalamah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Rezeki Melimpah dan Datang Tak Terduga, Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Cukup Lakukan Cara ini

BACA JUGA:Hukum Memotong Kuku di Hari Jumat, Bernahkan Sunnah? Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

1. Harus Memahami Hukum Jual Beli

Riba memiliki kaitan erat dengan transaksi jual beli. Jika seseorang tidak berhati-hati dalam menjalankan transaksi jual beli, maka mungkin saja ia akan terjerumus ke dalam perbuatan riba.

Maka dari itu, sebelum terlibat dalam transaksi jual beli, sangat penting untuk memahami aturan-aturan jual beli yang sesuai dengan prinsip syariah Islam. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kita dapat menghindari perbuatan riba sesuai dengan keyakinan agama.

2. Mengetahui Bahaya Riba

Salah satu cara untuk menghindari jatuh ke dalam perbuatan riba adalah dengan memahami secara mendalam bahaya riba dalam Islam.

Pengetahuan yang kuat tentang konsekuensi negatif riba dapat menjadi motivasi untuk tidak terpengaruh dan terjebak dalam praktik riba.

3. Memiliki Sifat Qona’ah

Memiliki sifat qona'ah, yaitu kepuasan dan rasa cukup dengan apa yang telah diberikan oleh Allah, adalah cara lain yang dapat membantu umatnya untuk menghindari bahaya riba.

BACA JUGA:Bukan dengan Menikah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ungkapkan Cara Menghapus Dosa Zina

BACA JUGA:Rezeki Terus Bertambah dan Mengalir Deras, Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Lakukan 5 Hal ini

Sifat qona'ah dapat ditanamkan dengan selalu bersyukur atas segala yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita tidak tergoda untuk terlibat dalam praktik riba demi keinginan yang berlebihan.

Sifat bersyukur membantu kita untuk menghindari perasaan terus-menerus merasa kekurangan dan ingin hidup dalam kemewahan.

Ketika kita bersyukur atas apa yang telah diberikan, kita cenderung lebih puas dan tidak terlalu iri dengan kepemilikan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: