Persiapan SKD CPNS 2023, Ini Kisi-kisi Soal untuk Modal Pengetahuanmu

Persiapan SKD CPNS 2023, Ini Kisi-kisi Soal untuk Modal Pengetahuanmu

Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2023-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK)

Penilaian tes wawasan kebangsaan (TWK) meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan Indonesia: nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

- Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

- Integritas, dengan tujuan mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

- Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

- Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika

- Bahasa negara, dengan tujuan mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Tes Inteligensi Umum (TIU)

Penilaian tes inteligensi umum (TIU) meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan: verbal, numerik, dan figural.

Kemampuan verbal

Kemampuan penalaran verbal adalah tes untuk mengukur kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis. Seperti, Analogi, Silogisme, Analitis. 

Kemampuan numerikal

Penalaran numerikal adalah tes untuk mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Seperti Berhitung, Deret angka, Perbandingan kuantitatif dan Soal cerita.

Kemampuan figural

Penalaran figural adalah tes untuk mengukur kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis Seperti Analogi, Ketidaksamaan, Serial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: