Cegah Sakit Gigi, Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Cegah Sakit Gigi, Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Cokelat merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

1. Sayuran Dengan Tekstur Lunak

Sayuran dengan tekstur lunak seperti labu yang diiris kecil, memudahkan Anda untuk tidak perlu mengunyah terlalu keras. Selain nutrisinya yang baik untuk tubuh, sayuran dan buah-buahan berserat memiliki efek self-cleansing pada gigi geligi.

2. Kentang Tumbuk

Makanan untuk penderita sakit gigi selanjutnya adalah kentang tumbuk. Mengonsumsi kentang tumbuk juga tidak memerlukan gigitan dan kunyahan, selain itu kandungan di dalamnya tidak berbahaya bagi gigi yang sakit.

3. Keju 

Selain kaya nutrisi, keju juga tidak menimbulkan risiko ngilu yang memperparah kondisi gigi. Namun, konsumsi keju sebaiknya tidak dibarengi dengan makanan penyebab sakit gigi seperti makanan manis atau minuman dingin.

4. Jus Buah, Smoothies Dan Milkshake

Jus buah, smoothies, dan milkshake bisa juga dijadikan alternatif pilihan. Selain mudah dikonsumsi, jenis minuman ini juga mengandung berbagai nutrisi untuk kesehatan Anda.

5. Puding

Makanan untuk penderita sakit gigi yang terakhir adalah puding. Jenis makanan ini termasuk lunak dan mudah ditelan. Hanya saja penting untuk tetap memperhatikan kandungan gulanya.

Mengalami sakit gigi memang serba salah, membuat semua terasa tidak nyaman. Untuk itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan kondisi gigi dan rongga mulut setiap enam bulan sekali ke dokter gigi sebagai langkah pencegahan sedari dini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: