Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor, Beda Jenis Motor Beda Juga Tekanannya

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor, Beda Jenis Motor   Beda Juga Tekanannya

Ilustrasi mengukur tekanan angin ban-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ban menjadi salah satu komponen penting untuk sebuah kendaraan, tidak terkecuali motor, untuk bisa beroperasi. Bicara mengenai ban, tekanan angin ban motor sangat perlu untuk diperhatikan karena perannya yang tidak hanya mempengaruhi performa motor saja tetapi juga keselamatan pengendaranya.

Masing-masing jenis motor biasanya, memiliki ukurannya tersendiri terhadap tekanan pada ban motornya. Perbedaan ukuran dari tekanan angin pada ban motor ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari jenis sepeda motornya dan ukuran ban yang digunakan.

BACA JUGA:Biasa Mematikan Motor dengan Standar Samping, Ini Risikonya

Berikut ini ada daftar tekanan angin ban berdasarkan jenis motornya yang biasanya dijadikan sebagai acuan.

1. Tekanan Angin untuk Motor Sport

Untuk sepeda motor jenis sport, umumnya ukuran tekanan angin ban depan berada di angka 32 psi – 34 psi. Sementara untuk ban belakang, ukuran tekanan ban yang paling sesuai, yaitu 39 psi – 41 psi.

2. Tekanan Angin untuk Motor Bebek

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beda jenis motor artinya berbeda pula standar ukuran tekanan anginnya.

Pada motor bebek, tekanan angin untuk ban bagian depan kira-kira berada di angka 29 psi – 30 psi. Kemudian untuk ban belakangnya, tekanan angin yang biasanya menjadi acuan, yaitu 31 psi – 33 psi.

BACA JUGA:Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

3. Tekanan Angin untuk Motor Matic

Selanjutnya untuk motor matic, ukuran yang sesuai untuk tekanan angin pada ban depan, yaitu 29 psi. Sementara pada ban belakangnya, ukuran tekanan angin bannya sedikit lebih besar, yaitu 33 psi – 36 psi.

4. Tekanan Angin untuk Motor Trail

Selain tiga jenis motor di atas, ada pula jenis motor trail. Pada jenis motor ini, tekanan angin ban sebaiknya berada di angka 22 psi – 25 psi baik untuk kedua roda depan maupun roda belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: