Kabar Gembira, Toyota Fortuner 2024 Akan Usung Mesin Hybrid

Kabar Gembira, Toyota Fortuner 2024 Akan Usung Mesin Hybrid

Ilustrasi Toyota Fortuner listrik-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dikeluarkan sejak tahun 2016 silam, berarti sudah 7 tahun generasi SUV Toyota Fortuner melenggang di kancah otomotif Indonesia. 

Teranyar, Ternyata Toyota tengah menyiapkan generasi baru dari seri Fortuner. Berdasarkan rumor yang beredar, Fortuner baru akan meluncur pada tahun depan. Bocoran dari Toyota Fortuner terbaru pun mulai terkuak.

Desain dan Platform Baru

Salah satu fokus ubahan dari Fortuner terbaru ada pada bagian desain. Generasi selanjutnya dari SUV Toyota ini dikabarkan akan memiliki bahasa desain yang benar-benar baru. Fortuner akan mendapatkan desain yang lebih berotot, serta lampu yang sudah menggunakan teknologi LED dan DRL baru.

BACA JUGA:Toyota Corolla Altis Hadir Lagi, Cek Harga Dan Fiturnya

Selain ubahan desain, Fortuner terbaru dirumorkan bakal menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture atau TNGA-F. Apabila demikian, Fortuner akan berbagi platform dengan Toyota Land Cruiser, Toyota Tundra dan Lexus LX. Dengan platform dan sasis baru, Fortuner diklaim memiliki dimensi yang lebih besar dan kabin yang lebih luas.

Soal fitur keselamatan, kabarnya Toyota Fortuner akan dibekali fitur yang cukup mumpuni. Salah satu yang bakal hadir adalah fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Bakal Gunakan Mesin Mild Hybrid

Selain desain yang berubah sepenuhnya, Toyota Fortuner 2024 kabarnya akan mengadopsi tenaga elektrifikasi. Berdasarkan bocoran yang beredar, Toyota Fortuner terbaru akan menggunakan mesin turbo-diesel 4 silinder berkapasitas 2.800 cc dengan sistem mild hybrid. Mesin tersebut juga akan digunakan oleh Land Cruiser Prado untuk pasar Eropa Barat dan Australia.

Mesin diesel 2.800 cc dikombinasikan dengan teknologi hybrid 48V. Sistem mild hybrid ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu generator motor listrik yang menggantikan alternator, baterai 48 volt, serta konverter DC-DC.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Toyota Rangga Pickup, Harganya Diproyeksi di Bawah Hilux

Sistem mild-hybrid 48V diklaim memiliki beberapa unggulan. Generator 48V digerakkan oleh sabuk baru yang menghasilkan torsi lebih tinggi dan proses menghidupkan mesin lebih cepat tanpa getaran. Hal ini tentu dapat menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Teknologi mild hybrid ini juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Baterai 48V, generator, dan konverter DC-DC membantu mengurangi beban pada mesin, serta mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan.

Selain itu, sistem mild hybrid ini juga dikembangkan dengan struktur yang memungkinkan mobil mampu melewati genangan air. Dengan sistem ini, mobil diklaim mampu melaju di genangan air setinggi 700 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: