5 Bumbu Dapur ini Punya Khasiat dan Manfaat Untuk Obat Loh!

5 Bumbu Dapur ini Punya Khasiat dan Manfaat Untuk Obat Loh!

khasiat dan manfaat bumbu dapur--

    Sering digunakan dalam menambah rasa dan wangi pada masakan, kayu manis juga sering digunakan untuk menghilangkan bau amis dan bau tidak sedap pada makanan.

        Rempah satu ini juga sering digunakan untuk campuran minuman herbal sebagai penambah rasa dan aroma. Kayu manis sendiri memiliki sifat yang hangat. Dalam kayu manis sendiri terdapat kandungan safrole, sinamaldehida, kalsium oksalat, damar dan minyat asiri eugenol serta zat penyamak.

    Sementara itu efek farmakologis yang dimiliki kayu manis, diantaranya sebagai peluruh kentut (karminatif), peluruh keringat (diaforetik), antireumatik, penambah nafsu makan dan pereda rasa sakit (analgesik).

    kulit batangm daun dan akar kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain  asam urat, hernia, muntah-muntah, menurunkan kolesterol, mengatasi alzheimer, meningkatkan imunitas, mengurangi kejala diabetes dan mencegah pertumbuhan kanker.

4. Ketumbar

    Sering digunakan untuk campuran bumbu masak pada olahan ikan dan daging. Aroma ketumbar dapat menayamarkan bau amis. Kandungan yang terdapat pada ketumbar itu sendiri diantaranya besin, riboflavin, kalsium, tembaga, tiamina, niasin, serat, seng, kalium dan fosfor.

    Selain untuk bumbu dapur atau masakan, ketumbar punya khasiat lain untuk kesehatan tubuh, diantaranya menjaga kesehatan kulit, meredakan gangguan pencernaan, menurunkan kadar gula, mengurangi peradangan, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

5. Serai

    Tanaman serai yang sangat mudah untuk tumbuh di pekarangan rumah ini memiliki kandungan serat, protein, kalsium, potasium, mangan, magnesium serta zat besi.

     Kandungan lain dalam Serai ini sendiri adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B9 (folat), dan Vitamin B3(niasin). Selain itu juga mengandung antioksidan berupa asalm klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin.

    Manfaat yang dimiliki serai untuk kesehatan juga sangat banyak, seperti membantu meredakan kecemasan, memnurunkan kadar kolesterol, mencegah infeksi, menjaga kesehatan gigi, meningkatkan jumlah sel darah merah serta mengurangi rasa kembung.

Itu dia 5 bumbu dapur yang memiliki kahsiat dan manfaat untuk kesehatan pada tubuh kita. Semua bumbu dapur tadi dapat diolah untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang telah dijelaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: